Pabrik dan produk Unilever telah raih sertifikasi halal. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan Siregar)
Pabrik dan produk Unilever telah raih sertifikasi halal. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan Siregar)

Unilever Pastikan Pabrik & Produk Raih Sertifikasi Halal

Ekonomi unilever indonesia
Dian Ihsan Siregar • 10 Mei 2016 15:55
medcom.id, Jakarta: Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah populasi masyarakat terbanyak, khususnya jumlah populasi Muslim. Oleh karena itu, label halal kerap menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli suatu produk.
 
PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) yang merupakan perusahaan konsumer terbesar di Indonesia‎ ingin memastikan bahwa produk-produk perusahaan tidak hanya berkualitas, tetapi juga memberikan rasa aman bagi konsumen di Indonesia yang mayoritas Muslim. Hal itu diwujudkan perusahaan dengan pengaplikasian sistem jaminan halal ke semua produk dan pabriknya di Indonesia.
 
Menurut Governance and Corporate Affairs Director & Corporate Secretary Unilever Indonesia, Sancoyo Antarikso, perseroan telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia selama 82 tahun. Bagi perusahaan, kualitas dan keamanan produk untuk konsumen menjadi prioritas utama yang tidak pernah dikompromikan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


‎"Kami telah mengaplikasikan sistem jaminan halal secara voluntarily sejak 1994. Penerapan sistem jaminan halal pada pabrik dan produk kami, ini merupakan komitmen kami untuk memberikan pilihan ke konsumen akan produk yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga memberikan rasa aman dan nyaman ke konsumen," ucap Sancoyo, ditemui dalam acara bincang-bincang media dengan tema 'Unilever Indonesia Peroleh Sistem Jaminan Halal untuk Pabrik dan Produk', di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (10/5/2016).
 
Saat ini, menurut Sancoyo, sebanyak delapan pabrik Unilever di Indonesia sudah memiliki status halal yang meliputi pabrik toothpaste, pabrik soap bar, pabrik Dove, pabrik home and personal care liquid, pabrik personal care/skin, pabrik ice cream, pabrik foods margarine, dan pabrik foods tea.
 
"Untuk pabrik Home Care Powder Unilever saat ini masih dalam proses mendapatkan status halal dan ditargetkan akan selesai di 2016 ini," jelas Sancoyo.
 
Unilever merupakan perusahaan FMCG pertama yang pabriknya mendapatkan sertifikasi halal MUI pada 1994. Hingga saat ini secara bertahap, unilever menerapkan sistem jaminan halal ke pabrik-pabriknya. Dalam mendapatkan sistem jaminan halal dari LPPOM MUI dibutuhkan prosedur panjang dan kompleks yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan termasuk Unilever Indonesia. Lebih jauh, dibutuhkan komitmen jangka panjang untuk memenuhi segala prosedur dan persyaratan yang ketat.
 
Wakil Direktur LPPOM MUI Muti Arintawati menambahkan, kepatuhan akan unsur halal harus dilakukan secara menyeluruh, mulai dari formula dan bahan baku, suplai bahan baku, proses produksi dan fasilitas, hingga proses distribusi harus memenuhi ketentuan halal yang ditetapkan LPPOM MUI.
 
"Kami mengapresiasi inisiatif dan komitmen Unilever Indonesia dalam mengupayakan dan menjaga konsistensi jaminan halal setiap pabrik dan produk yang diproduksi demi memberikan kenyamanan dan keamanan bagi konsumennya," terang Muti Arintawati.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif