Awal Pekan, Kurs Rupiah Diprediksi Menguat
lustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)
Jakarta: Nilai tukar rupiah diperkirakan bergerak naik atau mengalami penguatan pada awal pekan ini, Senin 26 November 2018. Pergerakan rupiah akan berada pada rentang Rp14.527 sampai Rp14.543 per USD.

"Tidak berbeda jauh dengan perkiraan sebelumnya dimana pergerakan rupiah yang mampu bergerak naik dengan memanfaatkan kondisi yang ada memberikan potensi untuk dapat kembali melanjutkan kenaikannya," kata Senior Analyst CSA Research Institute Reza Priyambada dalam riset hariannya, Senin 26 November 2018.

Menurutnya, sentimen negatif terhadap penolakan paket kebijakan XVI pemerintah tidak banyak menganggu pergerakan rupiah. Karenanya peluang untuk kenaikan pun dapat terjadi.

"Diharapkan sentimen dari dalam negeri bisa kembali positif untuk menahan pelemahan rupiah," ujar dia.

Reza menambahkan pada akhir perdagangan pekan lalu rupiah tetap menunjukkan penguatan. Sementara laju nilai mata uang Eropa (EUR) mengalami pelemahan dan pergerakan USD yang cenderung datar.

Pelemahan EUR disebabkan oleh data Euro zone business growth yang tercatat melambat. Begitupun dengan German private-sector yang juga tumbuh melambat sehingga turut menekan EUR. Adapun pergerakan USD cenderung mendatar di tengah perayaan Thanksgiving.




(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id