Ilustrasi BTN. (FOTO: ANTARA/Prasetyo)
Ilustrasi BTN. (FOTO: ANTARA/Prasetyo)

BTN Bakal Ambil Alih Mayoritas Saham Anak Usaha PNM

Ekonomi btn Permodalan Nasional Madani
Husen Miftahudin • 17 Mei 2019 20:18
Jakarta: Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyetujui untuk mengambil alih saham PT Permodalan Nasional Madani Investment Management (PNMIM). PNMIM merupakan anak usaha PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM yang bergerak di bidang manajemen investasi.
 
"Kami akan lebih fokus pada hal-hal yang secara bisnis akan menambah pertumbuhan kinerja perseroan. Termasuk dalam hal ini aksi korporasi BTN untuk mengambil alih mayoritas saham PNMIM," kata Direktur Utama BTN Maryono dalam konferensi pers RUPST BTN di Menara BTN, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Jumat, 17 Mei 2019.
 
Menurut Maryono, langkah BTN menggenggam saham PNMIM dilakukan lewat sejumlah tahapan. Pertama, Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat atau Conditional Shares Purchase Agreement (CSPA) yang telah ditandatangani pada April lalu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun transaksi pembelian 30 persen saham atau senilai Rp114,3 miliar tersebut saat ini dalam proses permohonan persetujuan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
"Kami harapkan OJK dapat memberikan persetujuannya pada Juni 2019 sehingga kami bisa melanjutkan tahapan selanjutnya untuk menambah kepemilikan saham hingga sekitar 85 persen," ungkapnya.
 
Maryono menambahkan aksi korporasi Bank BTN mengambil alih saham PNMIM mendapatkan sambutan yang baik dari para pemegang saham. Sesuai dengan Rencana Bisnis Bank 2019-2021, perseroan berencana memiliki anak usaha di bidang manajemen investasi untuk meraup pendapatan non bunga dan persiapan pengelolaan dana pengelolaan dana tabungan perumahan.
 
"Sampai (kepemilikan saham) 85 persen mungkin mekanismenya sedang kita diskusikan, apakah lewat pembelian langsung PNM atau PNMIM right issue," pungkas Maryono.

 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif