Lippo Group. MI/Galih Pradipta.
Lippo Group. MI/Galih Pradipta.

Pemegang Saham Sepakati Akuisisi Lippo Mall Kuta

Ekonomi lippo cikarang
Ade Hapsari Lestarini • 06 Desember 2016 17:56
medcom.id, Jakarta: LMIRT Management Ltd, pada 30 November, selaku manajer LMIR Trust telah membuka jalan bagi akuisisi Lippo Mall Kuta. Resolusi sebagaimana tercantum dalam Pemberitahuan RUPSLB dan polling pemungutan suara dalam RUPSLB telah disahkan oleh para pemegang unit penyertaan LMIR Trust sebagaimana yang disyaratkan oleh Peraturan 704 (16) dari Bursa Efek Singapura, di mana 69,59 persen dari jumlah suara yang sah dalam RUPSLB, telah memberikan suara untuk menyetujui akuisisi Lippo Mall Kuta.
 
Lippo Mall Kuta (GFA 51.595 m2 dan NLA 20.405 m2) adalah lifestyle mall berlantai 3 dengan lokasi strategis di Bali yang mulai beroperasi pada 2013. Lippo Mall Kuta menyediakan berbagai macam produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup harian serta gaya hidup, fashion, hiburan dan kuliner untuk keluarga dan para turis dan telah memposisikan dirinya sebagai ikon gaya hidup baru di Bali.
 
"Akuisisi Lippo Mall Kuta akan memberikan beberapa manfaat bagi para pemegang unit penyertaan karena akan memperbesar ukuran portofolio LMIR Trust serta meningkatkan pendapatannya," kata Direktur Eksekutif LMIR Trust Viven Gouw Sitiabudi, dalam siaran persnya, Selasa (6/12/2016).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan, hal ini akan turut memperluas jangkauan LMIR Trust di sektor mal ritel di Indonesia serta memperoleh manfaat dari skala ekonomi yang memungkinkan LMIR Trust berpotensi untuk mengoptimalkan biaya operasional atas portofolio yang lebih besar, serta meningkatkan daya tawar terhadap para penyewa dan penyedia jasa layanan lainnya.
 
Selanjutnya, akuisisi Lippo Mall Kuta memungkinkan LMIR Trust untuk mendiversifikasi portofolionya secara geografis di seluruh Indonesia, sehingga mengurangi risiko atas konsentrasi aset portofolio LMIR Trust yang semakin besar. Manajer percaya bahwa diversifikasi pendapatan lebih berpotensi meningkatkan ketahanan serta stabilitas aliran pendapatan LMIR Trust, sehingga pada akhirnya akan menguntungkan para pemegang unit penyertaannya.
 
"Mayoritas para pemegang unit penyertaan LMIR Trust telah menyetujui transaksi yang diusulkan untuk mengakuisisi Lippo Mall Kuta. Transaksi akuisisi Lippo Mall Kuta ini merupakan penegasan atas strategi asset light LPKR yang berkelanjutan serta diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan laba LPKR secara keseluruhan untuk 2016," tambah Presiden Direktur LPKR Ketut Budi Wijaya.
 
Sekadar informasi, LPKR adalah perusahaan publik properti terbesar di Indonesia berdasarkan total aset dan pendapatan, yang didukung oleh land bank luas dan basis pendapatan recurring yang kuat. Bisnis LPKR terdiri atas Residential/Townships, Retail Malls, Hospitals, Hotels dan Asset Management. LPKR mengembangkan kawasan perumahan, industri, komersial, serta ritel properti di seluruh Indonesia.
 
LPKR melalui anak perusahaan mengelola dan mengoperasikan rumah sakit, mal dan hotel di kota-kota besar di Indonesia serta menyediakan berbagai layanan infrastruktur bagi para penduduk di kota kota mandiri LPKR, dan jasa manajemen properti serta jasa manajemen REIT.
 
Melalui dua anak perusahaan publik utama, PT Lippo Cikarang, Tbk (LPCK) dan PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (GMTD), dimana LPKR memiliki masing-masing 54,4 persen dan 59,8 persen, LPKR telah mengembangkan dan saat ini mengelola kawasan perkotaan di Lippo Cikarang di Bekasi dan di Tanjung Bunga di Makassar.
 
LPKR telah mendirikan dan mensponsori dua REIT yang tercatat di Bursa Efek Singapura, yaitu First Real Estate Investment Trust (First REIT) dan Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIR Trust).
 
Sementara LMIR Trust adalah dana investasi real estate di Singapura, yang tercatat di Bursa Efek Singapura pada 19 November 2007, didirikan dengan tujuan utama memiliki investasi jangka panjang, dalam portofolio real estate yang terdiversifikasi, yang menghasilkan pendapatan di Indonesia terutama dalam sektor retail dan/atau terkait
dengan ritel.
 
Saat ini portofolio aset LMIR Trust terdiri atas sembilan belas mal ritel dan tujuh ruang ritel yang terletak di dalam mal ritel lainnya dengan rata-rata tingkat hunian 95 persen. Properti tersebut memiliki area disewakan bersih total 765.273 m2 dengan total valuasi sejumlah SGD1,8 miliar per 31 Desember 2015, dan berlokasi strategis di kota-kota besar di Indonesia dengan penduduk berpenghasilan menengah keatas. LMRT tercatat di Bursa Efek Singapura dengan kapitalisasi pasar SGD1 miliar, atau USD760 juta per 30 November 2016.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif