Vice President LTE XL Axiata Rahmadi Mulyohartono. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan)
Vice President LTE XL Axiata Rahmadi Mulyohartono. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan)

Kembangkan 4G di 100 Kota, XL Anggarkan Belanja Modal Rp7 Triliun

Dian Ihsan Siregar • 23 Februari 2017 19:06
medcom.id, Cirebon: ‎PT XL Axiata Tbk (EXCL) terus memperluas layanan 4G LTE di sepanjang 2017. Sekitar 100 kota lagi akan dipasang jaringan internet cepat tersebut, baik di Jawa maupun di pulau besar lain.
 
Vice President LTE XL Axiata Rahmadi Mulyohartono mengungkapkan, XL Axiata bakal mengalokasikan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp7 triliun. Sebanyak 80 persen di antaranya ‎akan digunakan untuk pengembangan jaringan, terutama 4G, selebihnya untuk IT dan operasional bisnis.‎
 
Perluasan ini merupakan implementasi dari komitmen untuk terus meningkatkan jangkauan layanan data berkualitas ke berbagai wilayah layanan XL Axiata. Hingga akhir 2016, XL Axiata sudah menyediakan layanan 4G LTE di hampir 100 kota di seluruh wilayah Indonesia. P‎erluasan layanan 4G LTE di 2017 akan lebih banyak mengarah pada kota-kota menengah, termasuk sejumlah ibu kota provinsi di Sumatera dan Kalimantan.

"Sementara kami menargetkan sekitar 100 kota, dengan prioritas kota yang memang memiliki tingkat permintaan tinggi untuk internet cepat 4G LTE. Seiring dengan semakin memasyarakatnya berbagai layanan digital, memang terjadi peningkatan cukup signifikan atas adopsi layanan 4G oleh masyarakat di berbagai daerah," kata Rahmadi, ditemui dalam acara 'Peresmian Pusat Layanan Mobile Broadband Xplor', di Cirebon Super Block (CSB) Mall, Cirebon, Kamis 23 Februari 2017.
 
‎Rahmadi mengatakan‎, salah satu indikator semakin banyaknya permintaan atas layanan 4G adalah naiknya penggunaan smartphone 4G oleh pelanggan XL. Saat ini, ada sekitar 29 juta pelanggan XL Axiata yang telah aktif mengonsumsi layanan data.
 
Se‎mentara itu, jumlah pelanggan 4G XL hingga saat ini juga terus meningkat menjadi sekitar 12 juta, dari sebelumnya sekitar 10 juta per akhir 2016 lalu. Dengan semakin banyaknya produk smartphone 4G berharga terjangkau di pasar, XL Axiata yakin tingkat adopsinya oleh pelanggan juga akan terus meningkat.
 
P‎erluasan jangkauan layanan 4G oleh XL Axiata, sambung dia, juga disertai dengan peningkatan kualitas jaringan yang menopangnya. Implementasi sejumlah teknologi 4G LTE yang mampu mengoptimalkan spektrum, sehingga bisa meningkatkan kecepatan dan stabilitas koneksi, juga akan terus diperluas sesuai dengan karakter dan kebutuhan di daerah.
 
Seperti diketahui, saat ini XL Axiata telah menerapkan teknologi 4T4R 4x4 MIMO di frekuensi 1800 MHz untuk meningkatkan kapasitas LTE hingga 50 persen. Lalu juga ada 256 QAM untuk meningkatkan efisiensi spektrum hingga 30 persen.
 
S‎elain itu, XL Axiata juga sudah menguji teknologi CA (carrier aggregation) dan LAA (Lisence Assisted Access) untuk penerapan di masa depan.Implementasi teknologi-teknologi tersebut di sejumlah area layanan sekaligus menempatkan layanan 4G LTE XL Axiata setaraf dengan 4,5G.
 
Ke depan, XL Axiata akan terus mengembangkan jaringan dan inovasi teknologi 4.5G itu dengan tujuan untuk memberikan kualitas layanan yang lebih baik bagi pelanggan dan menyediakan model operasi layanan data yang lebih efisien. Hingga saat ini XL Axiata telah memiliki lebih dari 8.000 BTS 4G serta lebih dari 2.500 BTS 4,5G‎.
 
Untuk 2017, XL Axiata membangun jaringan transmisi yang disebut dengan Transport 4.0 untuk mendukung layanan broadband 4.5 G. XL Axiata juga mengalokasikan sebagian besar belanja modal untuk pembangunan BTS broadband 3G/4G.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan