NEWSTICKER
ilustrasi - - Foto: Medcom.id
ilustrasi - - Foto: Medcom.id

Reksa Dana Syariah Bisa Dibeli Rp10 Ribu

Ekonomi reksa dana bei tips keuangan
Nia Deviyana • 17 Mei 2019 15:39
Jakarta: Terpuruknya kondisi pasar menjadi momen yang tepat bagi investor reksa dana untuk meninjau ulang portofolio. Salah satunya dengan memilih reksa dana yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi.
 
Dalam hal ini reksa dana syariah bisa menjadi pilihan berinvestasi. Apalagi, reksa dana bisa dibeli dengan nominal Rp10 ribu. PT Xdana Investa Indonesia baru saja meluncurkan aplikasi Xdana Syariah sebagai marketplace yang menyediakan produk-produk reksa dana syariah.
 
Direktur Xdana Imas S Sihombing mengatakan aplikasi tersebut dapat didownload di Apps Store dan Play Store, investor dapat langsung memulai investasi dan memilih produk sesuai tujuan dan profil investasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini adalah aplikasi yang khusus untuk produk-produk reksa dana syariah dengan berbagai kelas aset. Ada reksa dana syariah saham, reksa dana syariah campuran, maupun reksa dana syariah money market," ujarnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat, 17 Mei 2019.
 
Imas menuturkan animo masyarakat dalam memilih investasi syariah terbilang naik dan semakin positif. Apalagi, Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk muslim.
 
"Aplikasi ini untuk memudahkan saja. Jadi begitu mereka download aplikasi Xdana di andorid atau Appstore, calon investor yanng syariah minded udah bisa pilih xdana syariah. Ini bisa untuk semua kalangan karena sangat terjangkau, bahkan hanya dengan Rp10 ribu udah bisa punya unit di reksa dana," paparnya.
 
Imas menargetkan ada 10 ribu user baru dari aplikasi Xdana Syariah. Adapun saat ini, PT Xdana Investa Indonesia memiliki sekitar 1.000 user aktif dengan total dana kelolaan Rp4,5 miliar.
 
"Untuk jumlah pengguna, kita coba kejar 10 ribu user tahun ini. Sambil kita terus sosialisasi, jadi kita utamakan dulu sosialisasi dan literasi sehingga inklusi juga meningkat. Target transaksi nggak ada, tapi kita harapkan keaktifan masyarakat untuk bisa reguler investasi, dengan target market kita usia milenial antara 21-35 tahun," terang Imas.
 
Produk berbasis syariah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dalam lima tahun terakhir, khususnya produk reksa dana syariah. Pada 2014, produk reksa dana syariah terdaftar sebanyak 74 produk dan mengalami peningkatan pada 2019 menjadi sebanyak 242 produk.
 
Sementara total aset kelolaan produk reksa dana syariah per Maret 2019 tercatat mencapai Rp34,62 triliun atau bertumbuh sekitar 24,7 persen dari 2017.
 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif