NEWSTICKER
Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)

OJK akan Beri Insentif Transaksi Perdagangan Reksa Dana ETF

Ekonomi ojk reksa dana
Annisa ayu artanti • 25 Juli 2019 12:54
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberi sinyal akan memberikan insentif untuk transaksi perdagangan Reksa Dana ETF (exchange traded fund).
 
Setelah menerima usulan pemberian insentif dari bursa selaku Self-Regulatory Organization (SRO), saat ini OJK tengah mengkaji kebijakan tersebut.
 
"OJK sedang merumuskan untuk pemberian insentif untuk ETF," kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen di Gedung BEI, Jakarta, Kamis, 25 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hoesen menjelaskan dengan pemberian insentif ini diharapkan dapat mendorong kembali transaksi ETF. Selama ini pasar mengeluhkan minat ETF hanya di pasar perdana saja, sementara di pasar reguler masih rendah.
 
"Kan sekarang kalau dealer participant sudah jual ETF-nya, untuk membentuk ETF-nya harus beli saham beli di pasar, fee-nya banyak sekali. Supaya lebih efisien mungkin kita lihat, mungkin biaya transaksinya bisa dikurangi atau dibebaskan," ungkap Hoesen.
 
Selain itu dengan adanya insentif ini diharapkan transaksi ETF dapat lebih efisien dan memberikan imbal hasil yang menarik dari indeks acuannya setelah beberapa potongan biaya dikurangi.
 
"Insyaallah harapannya, kalau lebih efisien mungkin imbal hasil dari indeksnya lebih banyak. Karena potongan biayanya berkurang," tukas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif