Ilustrasi komponen automotif -- MI/ATET DWI PRAMADIA
Ilustrasi komponen automotif -- MI/ATET DWI PRAMADIA

Anak Usaha Bakrie Brothers Jajaki Ekspor ke Mesir & Afrika Utara

Ekonomi bakrie & brothers
Ade Hapsari Lestarini • 17 Januari 2015 17:31
medcom.id, Jakarta: Anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), PT Bakrie Autoparts, tengah menjajaki pasar komponen automotif khususnya ke Mesir dan Afrika Utara. Demi memperluas pasar, perseroan menggandeng pelaku industri automotif asal Mesir, El Wahab Group.
 
"El Wahab Group sudah berbisnis komponen automotif selama 17 tahun di Timur Tengah, datang mengunjungi kami setelah sebelumnya berkunjung ke pabrik Bakrie Autoparts," ujar Direktur Utama BNBR, Bobby Gafur Umar, dalam laporannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Sabtu (17/1/2015).
 
Perseroan pun telah menandatangani MoU perjanjian kerja sama, di mana Bakrie Autoparts akan mengekspor komponen automotif ke Timur Tengah dengan hub di Mesir.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bobby menambahkan, selain memperkuat pasar lokal, perseroan juga melihat peluang pasar komponen automotif di kawasan lain. Selama ini komponen automotif yang dihasilkan oleh anak usaha diekspor ke Brasil, Venezuela, Thailand, dan Jepang.
 
"Dengan kerja sama tersebut, maka kami berharap pangsa pasar produk-produk Bakrie Autoparts bisa diperluas ke wilayah Timur Tengah dan Afrika," tambah Bobby.
 
Perseroan saat ini sedang melihat peluang di luar ASEAN, di mana tidak hanya masuk ke pasar commercial vehicle, tetapi juga di segmen passanger car, khususnya untuk ekspor ke Timur Tengah dan Afrika Utara.
 
"Jika kerja sama awal ini berjalan mulus, kemungkinan nantinya akan kita tingkatkan dengan membuat perusahaan joint venture," lanjutnya.
 
Direktur Bakrie Autoparts, Boy Andoko Purnadie, menambahkan, El Wahab tertarik untuk bekerja sama dengan Bakrie Autoparts setelah melihat proses produksi yang dilakukan di pabrik mereka di Bekasi, Jawa Barat.
 
"Para petinggi El Wahab terkesan dengan proses produksi yang dijalankan pabrik kami. Mereka juga puas dengan kualitas dan presisi produk-produk yang kami hasilkan," tambah Boy.
 
Menurut Boy, pihak El Wahab selama ini berbisnis trading dengan mengandalkan produk-produk komponen automotif buatan Jepang. Kerja sama tersebut membuat mereka memiliki lini produk komponen automotif yang beragam dan kompetitif.
 
Rencananya, Bakrie Autoparts akan segera menindaklanjuti MoU dengan menyelenggarakan technical workshop pekan depan. Serta sesegera mungkin akan mengekspor produk-produk, baik engine component maupun body component.
 
"Perusahaan kami akan mengalokasikan sekitar 20 persen dari kapasitas ekspornya untuk perluasan pasar ekspor ke Timur Tengah tersebut," pungkas Boy.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif