Ilustrasi. Foto : MI/Adam Dwi.
Ilustrasi. Foto : MI/Adam Dwi.

Tren Melambat, Bank Mandiri Revisi Target Kredit Jadi Single Digit

Ekonomi bank mandiri
Annisa ayu artanti • 28 Oktober 2019 21:39
Jakarta: PT Bank Mandiri Tbk merevisi target pertumbuhan kredit yang semula 13 persen menjadi 8-9 persen hingga akhir tahun ini.
 
Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan revisi tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi dinamika global terkini, peralihan kredit dari yang berisiko tinggi menjadi rendah, dan pencapaian kredit pada kuartal III-2019.
 
"Karena ada dinamika pasar juga, kemungkinan besar growing kita single digit, tapi kita upayakan di level 8-9 persen, dari target 13 persen," kata Hery di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin, 28 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengenai peralihan kredit, Hery melanjutkan, bank pelat merah ini mengalihkannya kreditnya dari risiko tinggi ke risiko rendah, khususnya ke kredit personal. Kedepannya, Bank Mandiri akan mendorong kredit tidak hanya dari sisi volume tetapi kualitas dan margin.
 
"Kita ingin fokus tidak hanya dari sisi pertumbuhan volume tapi juga kita juga menjaga dari segi kualitas dan margin," ucap dia.
 
Berdasarkan catatan, tren perlambatan pertumbuhan kredit telah terjadi sejak tahun lalu. Pertumbuhan kredit kuartal III-2019 hanya 11,5 persen yoy dengan nilai Rp806,8 triliun. Sementara pertumbuhan kredit pada kuartal III-2018 mencapai 13,8 persen yoy dengan nilai Rp781 triliun.
 
Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri Ahmad Siddik menambahkan pihaknya selalu mengevaluasi kinerja kredit per tiga bulan sekali.
 
“Setiap tiga bulan kita lihat kredit sesuai makroekonomi. Dengan berjalannya waktu di aktual makroekonomi itu berbeda. Itu kita lakukan adjustment,” kata dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif