Ilustrasi. Foto : Traveloka.
Ilustrasi. Foto : Traveloka.

BRI Buka Opsi Kerja Sama Operasi hingga Suntik Modal di Traveloka

Ekonomi bri
Annisa ayu artanti • 24 Oktober 2019 19:15
Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) akan masuk lebih dalam di bisnis digital untuk menghadapi era digitalisasi.
 
Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan perusahaan membuka peluang untuk kerja sama operasi sampai tanam modal di perusahaan startup, Traveloka.
 
"Bentuk kerja sama yang optimal bisa kerja sama operasi, titip jual produk diaplikasi, bisa juga kita ikut ownership (kepemilikan) di dalamnya. Kami cari yang optimal, kalau ketiganya optimal kami lakukan ketiganya." kata Sunarso di Gedung BRI, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan alasan membuka opsi dengan Traveloka tersebut lantaran perusahaan startup di bidang jasa pemesanan tiket itu merupakan salah satu perusahaan unicorn yang memiliki visitor user yang aktif serta transasksi tiket yang cukup besar. Selain itu, opsi ini dilakukan karena sejalan dengan upaya perusahaan menghadapi era digitalisasi.
 
"Kita harus jeli melihat kira-kira di sisi realibilitis apa yang dikerjakan, di sisi aset apa yang dikerjakan. Kemudian kita bisa melihat fakta-fakta bahwa di payment sistem, banyak orang invest di fintech-fintech payment. Maka pilihannya adalah kita sama-sama bikin kecil-kecil tapi banyak, atau kita gabung sama yang besar," jelas dia.
 
Sunarso pun belum bisa merinci detil rencana, termasuk dana yang disipakan perusahaan untuk opsi tersebut. Sunarso hanya menjelaskan, dalam setahun BRI mengalokasikan anggaran di atas Rp5 triliun untuk aksi korporasi. Adapun aksi korporasi juga bisa mencakup kerja sama dan tanam modal di perusahaan digital.
 
"Kami alokasikan lebih dari Rp5 triliun untuk corporate action, tapi kalau Rp5 triliun itu ditaruh di satu kerangjang atau berapa keranjang, nanti kita liat, tergantung apa yang dijual," tukas dia.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif