Ilustrasi. (FOTO: MI/Atet Dwi)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Atet Dwi)

Waskita Toll Road Beri Pinjaman Tunai Rp415 Miliar ke CCT

Ekonomi Waskita Toll Road
Ade Hapsari Lestarini • 26 Desember 2018 11:25
Jakarta: Anak usaha PT Waskita Karya Tbk (WSKT), PT Waskita Toll Road (WTR), memberi pinjaman tunai sebesar Rp415.833.905.209 kepada PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT).
 
CCT merupakan perusahaan terafiliasi dengan WTR karena kepemilikan WTR di CCT sebesar 90 persen saham. Transaksi afiliasi ini berdasarkan Perjanjian Fasilitas Pinjaman Pemegang Saham Nomor 07/FPPS/WTR/2018 Tanggal 21 Desember 2018.
 
Mengutip laporannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu, 26 Desember 2018, transaksi pinjaman tersebut dengan besarnya bunga atas fasilitas ini adalah 17 persen
per tahun dari jumlah utang pinjaman yang terutang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun jangka waktu pinjaman pemegang saham adalah 12 bulan sejak tanggal perjanjian. Utang pokok berikut perhitungan bunga ditambah kewajiban perpajakan, serta denda, wajib dibayar atau dilunasi dengan cara satu kali pembayaran bersamaan pada saat jatuh tempo.
 
Dalam laporannya di keterbukaan informasi tersebut, dijabarkan nilai transaksi ini adalah 1,54 persen dari ekuitas perseroan sebesar Rp27.013.039.636.565 (Rp27,01 triliun) per September 2018.
 
Sementara nilai transaksi ini adalah 2,76 persen dari ekuitas WTR sebesar Rp15.080.898.420.159 (Rp15,08 triliun) sebagaimana terlihat dari laporan konsolidasi WTR untuk tahun yang berakhir pada September 2018.
 
Transaksi yang dilakukan merupakan transaksi afiliasi karena WTR melakukan transaksi dengan CCT sebagai anak perusahaan di mana WTR memiliki 90 persen dari modal disetor CCT. Demikian pula transaksi ini memerlukan pendapat kewajaran atas transaksi dari kantor penilai publik, karena transaksi yang dilakukan oleh WTR dengan CCT melebihi 0,5 persen dari modal disetor WTR dan melebihi jumlah Rp5 miliar.
 
Maksud dan tujuan serta kegiatan usaha WTR adalah melakukan usaha di bidang pembangunan dan jasa, industri konstruksi, industri pabrikasi, jasa penyewaan, jasa keagenan, investasi, agro industri, serta pekerjaan terintegrasi (Enginering Procurement and Contruction/EPC).
 
Kemudian jasa perdagangan, pengelolaan kawasan, layanan jasa peningkatan kemampuan di bidang konstruksi, teknologi informasi serta kepariwisataan dan pengembang untuk menghasilkan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat, serta mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas.
 
Sementara itu maksud dan tujuan serta kegiatan usaha CCT adalah pembangunan dan pengelolaan jalan tol Ruas Cimanggis-Cibitung dengan sarana penunjangnya.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi