Ilustrasi - - Foto: MI/ Arya Manggala
Ilustrasi - - Foto: MI/ Arya Manggala

Saham Sekawan Intipratama Delisting Hari Ini

Ekonomi emiten saham bei pasar modal delisting
Annisa ayu artanti • 17 Juni 2019 08:04
Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menghapus pencatatan efek saham PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP) atau delisting per hari ini. Dalam keterangan tertulis Bursa Efek Indonesia, Senin, 17 Juni 2019 menyatakan SIAP akan dihapuskan dari bursa saham karena sudah merujuk kriteria untuk delisting saham.
 
BEI menjelaskan perusahaan memiliki kegiatan usaha utama penambangan batu bara. Kegiatan tersebut dilakukan oleh IWBMC selaku entitas anak. Namun hingga saat ini kegiatan penambangan batu bara belum mulai berproduksi.
 
Rencana produksi batu bara mengalami penundaan sejak April 2015. Bursa telah memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk menunjukkan keseriusan memulai produksi batu bara. Tetapi sampai dengan saat ini belum terealisasi karena kendala-kendala yang dihadapi perseroan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bursa telah melakukan suspensi saham perseroan di pasar reguler dan pasar tunai sejak tanggal 9 November 2015. Dengan demikian hingga saat ini (31 Mei 2019), efek Perseroan telah disuspensi di pasar reguler dan tunai selama 44 bulan," jelas Bursa salam keterangannya.
 
Berdasarkan kriteria penghapusan saham, bursa juga menyampaikan SIAP sudah masuk kategori delisting, yaitu mengalami kondisi, atau peristiwa yang secara signifikan berpengaruh negatif terhadap kelangsungan usaha perusahaan tercatat, baik secara finansial atau secara hukum, atau terhadap kelangsungan status perusahaan tercatat sebagai lerusahaan terbuka. Perusahaan tercatat juga tidak dapat menunjukkan indikasi pemulihan yang memadai
 
Lalu, saham perusahaan tercatat yang akibat suspensi di pasar reguler dan pasar tunai, hanya diperdagangkan di pasar negosiasi sekurang-kurangnya selama 24 bulan terakhir.
 
"Kondisi tersebut memenuhi ketentuan kriteria delisting berdasarkan ketentuan III.3.1 Peraturan Bursa No. I-I tentang Penghapusan Pencatatan (Delisting) dan Pencatatan Kembali (Relisting) Saham di Bursa," tulis bursa.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif