Salah satu kilang minyak milik Saudi Aramco. Foto: Hassan Ammar/AFP
Salah satu kilang minyak milik Saudi Aramco. Foto: Hassan Ammar/AFP

Saudi Aramco Hanya Lepas 0,5% Saham untuk Investor Ritel

Ekonomi ipo saudi aramco
Nia Deviyana • 10 November 2019 12:33
Riyadh: Saudi Aramco akan mengalokasikan 0,5 persen sahamnya kepada investor ritel atau perorangan. Informasi ini dirilis perusahaan minyak terbesar di dunia yang rencananya akan melakukan Initial Public Offering (IPO) atau penawaran saham perdana pada Desember 2019.
 
Adapun Saudi Aramco telah merilis prospektusnya pada Sabtu, 9 November 2019. Sayangnya, mereka tidak memberikan informasi lebih lanjut terkait debutnya di pasar modal.
 
Melansir dari CNBC International, Minggu, 10 November 2019, Saudi Aramco mengatakan proses penawaran dimulai 17 November dan ditutup pada 4 Desember. Harga penawaran akhir, serta jumlah dan persentase saham perusahaan yang akan dijual, akan ditentukan pada akhir periode itu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saudi Aramco mengonfirmasi rencana untuk membayar dividen tunai tahunan sedikitnya USD75 miliar mulai 2020, selain dividen khusus. Namun, belum jelas penilaian perusahaan dan sahamnya sehingga investor belum dapat mengukur nilai hasil dividen tersebut terhadap perusahaan lain. Dalam membeli saham Aramco, investor kemungkinan tertarik pada pengembalian dividen yang stabil.
 
Pada IPO nanti Saudi Aramco ditangani oleh investment bank besar seperti J.P. Morgan, Goldman Sachs, Citigroup, dan Morgan Stanley.
 
Sejauh ini, penilaian analis terhadap perusahaan bervariasi dari USD1,2 triliun hingga USD2,3 triliun. Sebagai perbandingan, saingan terdekatnya yakni perusahaan AS Exxon Mobil, memiliki kapitalisasi pasar hampir USD300 miliar dan Chevron bernilai sekitar USD229 miliar.
 
IPO yang banyak dinanti-nantikan ini sudah direncanakan 2016 oleh pemerintah Arab Saudi, dan telah menghadapi beberapa penundaan. Serangan drone di kilang minyak utama pada September juga meningkatkan kekhawatiran tentang keamanan dan mengancam akan merusak daftar yang direncanakan.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif