Ilustrasi. Foto : Medcom/Annisa Ayu.
Ilustrasi. Foto : Medcom/Annisa Ayu.

IHSG Lanjutkan Kenaikan ke Level 6.133

Ekonomi ihsg
Arif Wicaksono • 03 Desember 2019 17:30
Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan hari ini ditutup naik. IHSG berhasil melanjutkan kenaikan di tengah ketidakpastian dari perang dagang yang datang dari sikap Amerika Serikat terhadap Hong Kong. Sementara itu mata uang rupiah bergerak liar.
 
IHSG naik 3,84 poin ke level 6133 di perdagangan Selasa, 3 Desember 2019. Volume perdagangan sebesar 5,4 miliar lember saham dengan nilai Rp4,4 triliun. Sebanyak 199 saham naik dan 242 saham turun. Konsumer sektor yang naik paling kencang.
 
Selain itu Presiden Trump via Twitter kembali menyampaikan bahwa akan segera menetapkan tarif terhadap baja dan alumunium dari Brasil dan Argentina dengan tuduhan kedua negara tersebut telah melemahkan mata uangnya terhadap USD
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pagi ini indeks Nikkei dibuka turun -1,27 persen dan indeks Korea dibuka -0,8 persen. Menanggapi kemungkinan disulutnya perang dagang AS vs Brasil dan Argentina, dan aksi taking profit atas kenaikan kemarin, IHSG sempat diperkirakan IHSG akan tertekan pada perdagangan hari ini.
 
Tiongkok juga telah bertekad untuk melancarkan tindakan balasan yang setimpal setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhir November 2019 menandatangani dua RUU terkait keadaan Hong Kong yang telah disahkan oleh Kongres AS. UU pertama mensyaratkan Departemen Luar Negeri AS untuk setidaknya tiap setahun sekali menyatakan bahwa otonomi Hong Kong tidak dikompromikan. UU ini juga memungkinkan AS menjatuhkan sanksi bagi adanya pelanggaran hak asasi manusia.
 
Sedangkan UU kedua melarang ekspor amunisi pengontrol massa, seperti gas air mata, semprotan merica, peluru karet dan pistol setrum, kepada pasukan keamanan Hong Kong. Sikap AS terhadap Tiongkok dapat berdampak pada kesepakatan dagang akan mengalami kebuntuan.
 
Berkenaan dengan pemakzulan Trump, Partai Demokrat berencana melakukan pemungutan suara pemakzulan Presiden AS Donald Trump yang akan digelar saat Natal agar dapat membangun panggung bagi Senat untuk menggelar pengadilan pada Januari. Semua bukti pasti akan dimaksukan ke dalam laporkan itu sehingga komite kehakiman dapat membuat keputusan yang dibutuhkan. Valbury Sekuritas memperkirakan bahwa IHSG rawan aksi ambil untung, yang disertai pula terbatasnya insentif positif bagi pasar baik dari dalam dan luar.
 
Bloomberg mencatat mata uang rupiah menguat 10 poin ke posisi Rp14.115 per USD. Yahoo finance melansir mata uang rupiah melemah 10 poin menjadi Rp14.110 per USD. Bank Indonesia merekam mata uang rupiah ke Rp14.130 per USD.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif