Illustrasi. Dok : MI.
Illustrasi. Dok : MI.

Astra Prediksi 173.900 Kendaraan Akan Padati Tol Tangerang-Merak

Ekonomi astra international
Annisa ayu artanti • 20 Mei 2019 20:17
Jakarta: PT Marga Mandalasakti (Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak) memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-5 Lebaran atau 31 Mei 2019. Pada saat itu diprediksi sebanyak 173.900 kendaraan melewati ruas tol Tangerang-Merak.
 
Direktur Teknik Operasi PT Marga Mandalasakti Rinaldi mengatakan pada puncak arus mudik H-5 sampai dengan H+7 akan terjadi kenaikan trafik kendaraan sebanyak 15,69 persen.
 
"Kami memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada di H-5, 31 Mei dan arus balik pada 9 Juni," kata Rinaldi di Menara Astra, Jakarta, Senin, 20 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rinaldi menjelaskan jumlah kendaraan meningkat 19,3 persenbila dibandingkan dengan hari normal pada masa mudik dan arus balik.
 
Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk mengatur waktu yang tepat untuk mudik lebaran nanti. Rinaldi menyebutkan ada tiga titik rawan kemacetan sepanjang tol Tangerang-Merak. Pertaman, Gerbang Tol Merak menuju pelabuhan merak. Kemacetan ini diprediksi terjadi pada H-5 sampai H-3.
 
Lalu, Gerbang Tol Cilegon Timur dan Gerbang Tol Cilegon Barat karena arus wisata menuju Anyer dan Carita yang diprediksi terjadi pada H+1 sampai H+4. Kemudian, Gerbang Tol Serang Timur menuju kawasan wisata Serang-Pandeglang-Rangkas Bitung pada H+1 sampai H+4.
 
Di sisi lain, Rinaldi juga menambahkan, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan akan menerapkan ganjil genap penyebrangan untuk mendistribusikan kendaraan yang menyebrang dari Pelabuhan Merak sampai Pelabuhan Bakauheni.
 
"Saat ini Dirjen perhubungan berencana untuk ganjil genap. Supaya mendistribusi arus penyerbangan," tukas dia.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif