Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani.
Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani.

IHSG akan Menguat Terbatas di Awal Pekan

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 11 November 2019 06:43
Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat terbatas. Laju IHSG di awal pekan akan bergantung pada faktor global.
 
Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi menjelaskan sikap optimistis investor terhadap kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok akan berlanjut. Kedua negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu sepakat melakukan penurunan tarif secara bertahap.
 
"Investor masih akan optimistis dengan tensi perdagangan AS dan Tiongkok yang memudar," kata Lanjar dalam riset hariannya, Senin, 11 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu dari dalam negeri, pemerintah dan otoritas sudah mengeluarkan beberapa data perekonomian Tanah Air. Data defisit transaksi berjalan rilis cukup baik dengan menyempit menjadi 2,66 persen dari 2,93 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) karena impor minyak dan gas menurun meskipun tetap bawah ekspektasi. Defisit transaksi berjalan mencapai USD7,7 miliar pada Juli-September.
 
Menurutnya, langkah-langkah pemerintah untuk mengendalikan impor, seperti implementasi mandat biofuel B20 telah membantu mempersempit defisit neraca berjalan.
 
Atas sentimen positif tersebut, ia meramalkan laju indeks akan berada akan bergerak pada area jenuh jual dengan support-resistance 6.150-6.220.
 
"Sehingga kami perkirakan IHSG akan bergerak menguat di awal pekan," sebut Lanjar.
 
Senada dengan Lanjar, Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya juga mengatakan indeks akan mengikuti pola menguat. Menurutnya, penguatan indeks hari ini akan ditunjang beberapa faktor seperti masih tercatatnya inflow secara year to date, masih stabilnya perekonomian, serta kuatnya fundamental perekonomian hingga saat ini.
 
"Pola kenaikan IHSG masih akan terlihat di hari ini, IHSG akan bergerak di level 6.123-6.336," kata Wiliiam.
 
Beberapa saham yang bisa diperhatikan investor hari ini adalah PT Timah Tbk (TINS), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TINS), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Waskita Karya Tbk (WSKT), PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), dan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP).
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif