pabrik rokok sampoerna Foto/ANT
pabrik rokok sampoerna Foto/ANT

Right Issue, HM Sampoerna Bakal Raup Dana hingga Rp26,70 Triliun

Ekonomi sampoerna
Dian Ihsan Siregar • 13 Agustus 2015 15:32
medcom.id, Jakarta: PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP) bakal menjalankan Penawaran Umum Terbatas (PUT) dengan cara Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau right issue yang mencapai
269,72 juta saham.
 
‎Demikian seperti dikutip dalam prospektus perusahaan di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (13/8/2015). Right issue dijalankan perseroan dalam rangka memenuhi syarat pencatatan denganjumlah saham yang dimiliki pemegang saham bukan pengendali dan saham utama paling sedikit 7,5 persen, atau setara 50 juta saham dari jumlah saham modal disetor.
 
Nilai nominal right issue HMSP sebesar Rp100 per saham, dengan harga pelaksanaan antara Rp63.000-Rp99.000 per saham. Alhasil dana right issue yang digapai perseroan mencapai Rp16,99 triliun-Rp26,70 triliun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nantinya, setiap pemegang 65 saham‎ lama berhak atas empat HMETD. Di mana setiap satu HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru dengan harga pelaksanaan Rp63.000-Rp99.000per saham.
 
Nantinya akan ada penurunan kepemilikan saham (dilusi) yang mencapai 5,8 persen, apabila pemegang saham lama tidak menjalankan haknya untuk membeli saham baru yang ditawarkan dalam aksi PUT ini.
 
‎Adapun dana dari right issue ini akan digunakan seluruhnya untuk keperluan perseroan secara umum, dan modal kerja, khususnya pembayaran sebagai fasilitas modal kerja.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif