Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Angga Bratadharma
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Angga Bratadharma

Indeks Saham Acuan Indonesia Dibuka Kokoh

Ekonomi ihsg
Angga Bratadharma • 21 Januari 2020 09:18
Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa pagi dibuka melonjak di saat pasar saham Amerika Serikat (AS) ditutup pada Senin waktu setempat untuk memperingati Hari Martin Luther King Jr. Namun, tetap perlu diwaspadai adanya potensi pembalikan sejalan masih adanya ketidakpastian terutama yang berasal dari Timur Tengah.
 
IHSG Selasa, 21 Januari 2020, perdagangan pagi dibuka menguat 6,96 poin atau setara 0,1 persen ke posisi 6.252 dibandingkan dengan penutupan di hari sebelumnya di posisi 6.245. Sedangkan LQ45 menanjak 1,97 poin atau setara 0,2 persen ke posisi 1.023 dan JII turun 1,45 poin atau setara 0,2 persen ke posisi 686.
 
Pagi ini seluruh sektor bergerak bervariasi. Sektor keuangan menanjak sebanyak 7,28 poin. Sedangkan sektor pertambangan minus sebanyak 3,18 poin, sektor infrastruktur melemah sebanyak 1,50 poin, sektor properti turun sebanyak 1,04 poin, dan sektor perdagangan melemah 0,93 poin.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Volume perdagangan pagi tercatat sebanyak 163 juta lembar saham senilai Rp124 miliar. Sebanyak 93 saham terpantau menanjak, sebanyak 108 saham terlihat melemah, sebanyak 100 saham tidak berubah, dan sebanyak 481 saham tidak mengalami perdagangan.
 
Sementara itu, kurs dolar Amerika Serikat naik tipis terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Senin waktu setempat (Selasa WIB), dan bertengger di level terkuat tahun ini setelah serangkaian data pekan lalu mengonfirmasi bahwa ekonomi Amerika Serikat (AS) bertahan dengan baik.
 
Yuan Tiongkok secara singkat mencapai level tertinggi baru dalam enam bulan. Namun, sebagian besar itu adalah awal yang lemah, dengan volatilitas valas mendekati level terendah sepanjang masa.
 
Investor fokus pada pertemuan bank sentral Jepang, Bank of Japan (BOJ) pada Selasa dan pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) pada Kamis, 23 Januari. Volume perdagangan relatif ringan karena pasar Amerika Serikat ditutup pada Senin waktu setempat untuk memperingati Hari Martin Luther King Jr. dan Tahun Baru Imlek mendekati di Asia.
 
Angka-angka pada Jumat menunjukkan pembangunan perumahan di Amerika Serikat melonjak ke level tertinggi 13 tahun pada Desember. Penjualan ritel juga naik dan indeks aktivitas manufaktur melambung ke level tertinggi dalam delapan bulan.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif