Waskita Karya. Foto  : Waskita Karya.
Waskita Karya. Foto : Waskita Karya.

Direksi Waskita Klaim Rasio Utang Masih Aman

Ekonomi waskita karya
Annisa ayu artanti • 26 September 2019 15:02
Jakarta: Direksi PT Waskita Karya Tbk mengklaim rasio perbandingan utang dan modal perusahaan atau debt to equity ratio (DER) masih terjaga. Hal itu disampaikan Direktur Keuangan Waskita Karya Haris Gunawan sekaligus menepis anggapan utang perusahaan BUMN mengkhawatirkan.
 
Haris mengatakan posisi DER perusahaan per Juni 2019 sebesar 2,68 kali atau masih berada dibawah ambang batas yang sebesar 3 kali. Hingga akhir tahun ia memproyeksikan DER di posisi 2 sampai 2,3 kali.
 
"Kami yakin dapat menjaga rasio ini ke 2,3 kali di akhir tahun," kata Haris di Gedung Sinergi 8, Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis, 26 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Haris menjelaskan selama ini perusahaan berutang untuk pembangunan infrastruktur yang mendukung program pemerintah. Saat ini perusahaan juga tengah menyelesaikan beberapa proyek strategis nasional (PSN) yang menggunakan skema turnkey.
 
Adapun skema turnkey adalah skema proyek yang pembayarannya diperoleh perseroan setelah proyek selesai dikerjakan. Bila proyek-proyek tersebut selesai pengerjaannya maka dana yang telah dikeluarkan akan dibayarkan.
 
Perusahaan berkode emiten WSKT memproyeksikan akan menerima arus kas masuk sebesar Rp40 triliun selama 2019. Angka tersebut terdiri dari pembayaran proyek turnkey sebesar Rp26 triliun yang selesai tahun ini dan Rp14 truliun dari proyek konvensional dengan skema progres payment.
 
Sampai dengan saat ini perseroan sudah menerima pembayaran sebesar Rp13,1 triliun yaitu Rp3,4 triliun dari proyek turnkey dan Rp9,7 triliun dari proyek konvensional.
 
Perusahaan akan menggunakan arus kas masuk ini untuk mendukung aktivitas operasional perusahaan juga untuk meningkatkan kapasitas pendanaan dan menurunkan posisi utang perseroan.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif