Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Desi Angriani
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Desi Angriani

Sentimen Eksternal Terus Hantui Pergerakan IHSG

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 10 Oktober 2019 08:48
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diprediksi menguat meskipun sentimen eksternal masih terus menghantui. Ketidakpastian ekonomi global yang salah satunya akibat perang dagang yang berlarut-larut antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok tidak dipungkiri masih menjadi sentimen negatif.
 
Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok masih menjadi satu kendala indeks tidak bergerak mulus. Investor kembali menilai sejumlah tantangan potensial untuk menjalin pembicaraan perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia itu.
 
Namun demikian, hari ini Lanjar meramalkan indeks bergerak konsolidasi pada level Moving Average lima hari di 6.033. Indeks juga diprediksi cenderung menguat dan akan diperdagangkan di level support-resistance 6.020-6.142.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami perkirakan IHSG akan bergerak menguat," kata Lanjar, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Untuk hari ini, pergerakan indeks akan tercermin dari hasil pertemuan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (the Fed) yang kembali membuka kemungkinan penurunan suku bunga. Tak hanya itu, hari ini investor juga akan memerhatikan data stok persediaan minyak dengan ekspektasi menurun yang akan menjadi landasan penguatan harga minyak.
 
Sementara dari dalam negeri, Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, potensi penguatan IHSG masih terbuka lebar. Penguatan tersebut dipicu dari capital inflow yang terus masuk secara year to date. William memprediksi indeks akan diperdagangkan di level 5.990-6.123.
 
"Masih tercatatnya capital inflow secara year to date yang masih tercatat lebih besar dibandingkan dengan outflow sepanjang tahun sebelumnya, hari ini IHSG berpotensi menguat," jelas William.
 
Beberapa saham yang bisa dicermati investor hari ini adalah saham PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Adaro Energy Tbk (ADRO).

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif