Kelapa Sawit (ANT,Wahyu Putro).
Kelapa Sawit (ANT,Wahyu Putro).

Sampoerna Agro Berencana Buy Back 94,5 Juta Saham

Ekonomi sampoerna
Dian Ihsan Siregar • 22 Februari 2016 19:41
medcom.id, Jakarta: PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO) memiliki rencana ingin membeli kembali (buy back) saham yang beredar di publik sebanyak 94,5 juta saham atau paling banyak lima persen dari jumlah yang disetor dalam perseroan.
 
‎Direktur Utama Sampoerna Agro, Ekadharmajanto menjelaskan, rencananya perseroan akan mengalokasikan dana sebesar Rp190 miliar dalam membeli sebanyak 94,5 juta saham.‎ Buy back dilakukan karena harga saham perseroan mengalami penurunan yang signifikan.
 
"Buyback dilakukan, karena harga saham dalam beberapa waktu terakhir mengalami penurunan yang cukup signifikan. ‎Ini akibat kondisi pasar yang berfluktuatif secara signifikan," ungkap Ekadharmajanto, seperti mengutip keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (22/2/2016).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Buy back, diakuinya, akan memberikan ‎fleksibilitas untuk mencapai struktur permodalan yang efisien dan memungkinkan perseroan menurunkan keseluruhan biaya modal. Tidak lupa, bisa meningkatkan return on equity (ROE) secara berkelanjutan.
 
"‎Ini juga akan memberikan kami ruang untuk mengelola modal jangka panjang, dengan memperhatikan rencana pengembangan dan ekspansi usaha. Sebab, pelaksanaan buyback akan memmungkinkan pengendalian arus kas dengan cara yang efisien," ‎jelas Ekadharmajanto.
 
Ekadharmajanto mengatakan perseroan akan menyimpan saham yang telah dibeli kembali tersebut sebagai treasury stock. Meski demikian, perseroan nantinya pun bisa mengalihkan saham yang telah di buyback, apabila harga saham sudah meningkat kembali.
 
Dari rencana yang ada, sambung dia, buyback akan dijalankan sejak 23 Februari 2016. Masa habis buyback akan berakhir pada 22 Mei 2016.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif