Ilustrasi. (Foto: Antara/Rivan Awal).
Ilustrasi. (Foto: Antara/Rivan Awal).

Konsumen Selektif, Pertumbuhan Pendapatan Mayora Terdampak

Ekonomi mayora indah
Dian Ihsan Siregar • 28 Februari 2018 10:45
Jakarta: PT Mayora Indah Tbk (MYOR) menyatakan pertumbuhan sektor konsumer sedang mengalami tekanan. Sebab, konsumen sedang selektif memilih makanan atau minuman.
 
Menurut Manager RTD Tea & Juice Mayora ‎Indah Erick Harijanto, hal itu berdampak bagi pertumbuhan pendapatan di sektor tea and juice. Namun demikian penyusutan tersebut bukan karena persaingan yang ketat di pasar.
 
"Jadi konsumen agak selektif. Yang agak miss ini, kan produk minuman, setiap orang butuh minum, ‎mereka sekarang lebih smart untuk pilih yang mereka ingin. Tapi, untuk teh Pucuk yang kita punya, masih tumbuh di kategori itu," jelas Erick kepada media di Jakarta, Selasa, 27 Februari 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyaknya pemain atau perusahaan yang bergelut di usaha minuman, justru tidak akan berdampak bagi penjualan perusahaan. "Karena, kalau banyak pemain, justru permintaan banyak juga. Hanya saja mereka memang mencermati, konsumen selektif, spending di brand yang terkenal saja," tutur Erick.
 
Meski demikian, Erick mengaku tingkat penjualan minuman di perusahaannya akan tetap positif di tahun ini. Angkanya akan lebih bagus, bila dibanding pertumbuhan di 2017.
 
"RTD itu yang turun, slowing RTD, turunnya minus empat persen, tapi harus cek lagi. Jadi kalau kita lihat analisa spending consumer, kita lihat memang ada penurunan jumlah minumnya, tetap diminati besar, kalau dibanding tahun-tahun sebelumnya ada sedikit penurunan," papar Erick.
 
Mayora, kata dia, memiliki pasar yang besar hingga 30 persen, dari total minuman teh yang ada di Indonesia. Pangsa pasar yang masih bagus, hal itu menjadikan perusahaan tetap yakin untuk bisnis perusahaan untuk ke depannya.
 
"Kita punya market share untuk keseluruhan teh 30 persen. Pemainnya banyak banget, teh kan banyak banget global player. Di kita juga, jadi leader di biskuit dan permen. Kategorinya cukup dominan," pungkas Erick.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif