Menteri ESDM Ignasius Jonan. Foto : MI/Panca Syurkani.
Menteri ESDM Ignasius Jonan. Foto : MI/Panca Syurkani.

Jonan Tak Diragukan Pimpin Garuda Indonesia

Ekonomi Garuda Indonesia
Nia Deviyana • 10 Desember 2019 17:16
Jakarta: Nama mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menjadi salah satu calon pengganti I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra di kursi Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero).
 
Direktur Utama Lembaga Management Fakultas Ekonomi Bisnis (LM-FEB) Universitas Indonesia Toto Pranoto mengatakan jika melihat rekam jejak Jonan yang pernah membenahi PT Kereta Api Indonesia (Persero), tidak meragukan kapasitas Jonan jika nantinya benar didapuk untuk memimpin maskapai kebanggaan Indonesia itu.
 
Toto mengatakan Jonan telah terbukti berhasil melakukan transformasi besar-besaran di tubuh KAI sehingga menjadi perusahaan pelat merah yang mumpuni saat ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan pengalaman-pengalaman itu saya kira enggak bisa diragukan bahwa Pak Jonan mampu melakukan transformasi di BUMN yang lain," kata Toto ditemui di Novotel Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Desember 2019.
 
Namun kata Toto, tentunya hal tersebut kembali lagi pada Jonan apakah bersedia untuk turun gunung dari sebelumnya menteri menjadi dirut.
 
"Kalau dia punya kesediaan waktu untuk urus Garuda, saya kira oke-oke saja, secara kualifikasi enggak ada masalah," tutur dia.
 
Selain Jonan, nama mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun juga turut muncul sebagai pesaing Jonan. Toto menilai baik Jonan dan Susi, keduanya memiliki latar belakang untuk mengelola bisnis. Namun, pertanyaannya jika Susi terpilih, apakah bisa membedakan benturan kepentingan antara Susi Air maskapai miliknya dan Garuda.
 
"Dua orang itu oke, punya pemahaman bisnis network-nya. Tinggal masalah fit atau tidaknya," jelas Toto.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif