Mudahkan Investor

KSEI Siap Luncurkan e-Proxy di Semester II-2018

Dian Ihsan Siregar 07 Juni 2018 06:16 WIB
pasar modalksei
KSEI Siap Luncurkan e-Proxy di Semester II-2018
Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi? (FOTO ANTARA/Dhoni Setiawan)
Jakarta: PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) siap memberi kemudahan bagi pelaku pasar atau investor pada ‎saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Kemudahan yang dimaksudkan KSEI adalah dengan menyiapkan sistem Elektronik Proxy (e-Proxy) yang diluncurkan di semester II-2018.

Selain e-Proxy, Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi‎ mengatakan, langkah lain yang akan diluncurkan oleh salah satu lembaga Self Regulatory Organizations (SRO)‎ ini adalah meluncurkan Elektronik Voting (e-Voting). Namun demi investor, e-Proxy yang akan difokuskan terlebih dahulu oles KSEI.

"‎Rencana semester kedua (2018) untuk peluncuran e-Proxy," kata Friderica, saat ditemui dalam acara buka puasa bersama dengan awak media, di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Rabu malam, 6 Juni 2018.

Lewat ‎e-Proxy, lanjutnya, memungkinkan bagi investor memberikan surat kuasa kepada pihak lain untuk mengikuti RUPS atas saham emiten yang dimilikinya. Namun, emitennya juga harus menggunakan platform khusus yang memungkinkan penggunaan e-Proxy.‎

"Jadi semua yang terkait satu RUPS akan di situ," ucap dia.

Meski demikian, perempuan yang akrab disapa Kiki ini menyebutkan, fisik dan praktik RUPS harus tetap dijalankan secara konkrit dan sesuai aturan yang ada. ‎Penggunaan platform tersebut belum tentu wajib. ‎Namun, dia berharap semua emiten bisa mengadopsinya dengan cepat.‎

Menurutnya penggunaan e-Proxy dan e-Voting bisa mempermudah cara kerja investor untuk mendapatkan haknya sebagai pemegang saham tanpa harus bersusah payah menghadiri RUPS. "Ini akan memberikan kepastian untuk setiap pemegang saham," tutur Kiki.

Lebih lanjut, masih kata Kiki, setelah e-Proxy berjalan diyakini e-Voting bisa beroperasi di 2019. "‎Tapi kita masih bahas. Mudah-mudahan kita bisa," pungkas Kiki.

 



(ABD)