Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

Penguatan IHSG Masih akan Tertahan

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 03 Maret 2020 08:43
Jakarta: Sejumlah analis memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat tertahan pada perdagangan hari ini.
 
Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan investor tengah menunggu tindakan dan kebijakan serta langkah dari The Fed terkait kondisi global terkini. The Fed diharapkan membuka pintu untuk penurunan suku bunga di tengah risiko yang ditimbulkan oleh wabah virus korona.
 
"Kami perkirakan IHSG masih akan bergerak tertahan kembali mencoba menguat dengan support resistance 5.350-5.535," kata Lanjar dalam riset hariannya, Selasa, 3 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu Bank Indonesia (BI) telah melakukan intervensi dengan memotong rupiah reserve ratio menjadi empat persen untuk meningkatkan likuiditas hingga USD3,2 miliar dan mendukung aktivitas ekspor impor yang melambat akibat sentimen virus korona yang mulai tampak di Indonesia.
 
Selain itu, data ekonomi lainnya seperti PMI Indonesia Februari yang di atas ekspektasi dan inflasi terkendali mendukung indeks untuk bergerak positif.
 
Selanjutnya, investor akan mencermati perkembangan wabah virus korona yang dikabarkan mulai terkendali di Tiongkok dan warga negara Amerika Serikat di negara bagian termasuk California dan Texas akan memberikan suara pada 'Super Tuesday' untuk calon Demokrat untuk mencalonkan diri melawan Presiden Donald Trump dalam pemilihan November.
 
Sementara Samuel Research Team memprediksi indeks akan bergerak bervariasi. Namun bursa regional akan kembali positif.
 
Pelaku pasar berekspektasi bahwa bank sentral di berbagai negara tengah berencana memangkas suku bunga. Demikian juga dengan ekspektasi bahwa the Fed akan memangkas suku bunga pada rapat FOMC pada 18 Maret sebanyak 50 bps.
 
"Pada perdagangan hari ini, kami perkirakan IHSG bergerak mix mengikuti pasar Amerika Serikat yang ditutup positif. Namun investor diharapkan berhati-hati di tengah sentimen virus korona di Indonesia yang diperkirakan akan tetap memengaruhi pergerakan IHSG hari ini," jelasnya.
 
Beberapa saham emiten yang bisa diperhatikan hari ini adalah PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Astra International Tbk (ASII), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), dan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF).
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif