NEWSTICKER
Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI
Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI

Indeks Acuan Saham Indonesia Diramal Lanjutkan Penguatan

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 14 Januari 2020 08:30
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan penguatan dari perdagangan kemarin meskipun pergerakannya masih cenderung fluktuatif. Tidak ditampik, masih ada beberapa risiko yang memengaruhi gerak pasar saham, di antaranya ketegangan geopolitik di Timur Tengah.
 
Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan penguatan indeks dipicu oleh perbaikan volume perdagangan. Ia memperkirakan pergerakan indeks diperdagangkan pada rentang support-resistance 6.258-6.350. "Kami perkirakan IHSG akan bergerak kembali menguat," kata Lanjar, dalam riset hariannya, Selasa, 14 Januari 2019.
 
Lanjar menjelaskan pada perdagangan kemarin mayoritas saham Asia ditutup menguat lantaran investor menunjukkan sikap optimisme pada awal minggu ini. Kondisi ini diprediksi terus berlanjut. Kemudian, penguatan indeks diprediksi karena emiten-emiten akan mulai melaporkan laporan keuangan 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, Lanjar menuturkan, investor tengah menanti beberapa data perekonomian untuk menentukan sikap di pasar modal. Beberapa di antaranya adalah neraca perdagangan Tiongkok, data inflasi, dan persediaan minyak Amerika Serikat.
 
"Selanjutnya investor akan menanti data pertumbuhan aktivitas neraca perdagangan Tiongkok dari ekspor dan impor dengan ekspektasi membaik. Selain itu investor akan terfokus pada data inflasi dan stok persediaan minyak di Amerika Serikat," jelas dia.
 
Hal yang sama diprediksi Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper. Ia mengatakan pergerakan IHSG hari ini akan menguat. Dirinya memprediksi IHSG menguat dan diperdagangkan di level support 6.259-6.279 dan resistance 6.307-6.317.
 
"IHSG diprediksi menguat dan perhatian investor masih akan tertuju kelanjutan dari perang antara Amerika Serikat dan Iran," kata Dennies.
 
Beberapa saham yang direkomendasikan untuk diperhatikan investor hari ini PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Bank Danamon Tbk (BDMN), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), dan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA).
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif