NEWSTICKER
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id.
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id.

Investor Perlu Diedukasi soal Saham Gorengan

Ekonomi saham Saham Gorengan
Annisa ayu artanti • 03 Januari 2020 18:17
Jakarta: Analis Royal Investium Sekuritas Janson Nasrial mengatakan edukasi pasar modal harus masif diberikan kepada investor-investor ritel sebagai upaya membersihkan saham gorengan.
 
Hal itu menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengatakan saat ini banyak manipulator yang menggoreng-goreng saham-saham emiten sehingga harganya tak wajar.
 
"Karena investor ritel mungkin kalau bicara modalnya, lalu pengetahuannya, tidak sepiawai investor institusi. Itu yang bisa kita lihat dari refleksi ucapan Pak Jokowi kemarin," kata Janson di Gedung BEI, Jakarta, Jumat, 3 Januari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan dalam menaruh investasi harus memperhatikan beberapa hal seperti tujuan investasi, kinerja perusahaan, balance sheet perusahaan, cashflow perusahaan, dan pendapatan perusahaan.
 
"Jadi memang kinerja yang harus dilihat, bukan karena faktor yang tiba-tiba 200 persen, 300 persen tapi tidak ada dasarnya, tidak disertai kinerja positif dari perusahaan tersebut," ucap dia.
 
Ia memperhatikan selama ini kinerja perusahaan yang mencatatkan sahamnya ke bursa hanya bagus di enam bulan pertama. Sementara menjelang akhir tahun kebanyakan kinerja perusahaan menjadi bobrok.
 
"Jadi faktor kehati-hatian dari investor, Manajer Investasi (MI) itu mutlak. Lalu yang paling penting faktor integritas dari pelaku pembawa kebijakan investasi di instansinya masing-masing," tutur dia.
 
Dia menyarankan otoritas pasar modal supaya lebih memperhatikan pemangku jabatan emiten-emiten tersebut. Jason melihat dalam dua tiga tahun terakhir faktor integritas pemangku jabatan emiten melemah.
 
"Kita lihat dengan kasus Garuda Indonesia, Asuransi Jiwasraya, itu kasus-kasus yang lebih disebabkan faktor integritas dan bobroknya tata kelola perusahaan yang baik," pungkas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif