Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

IHSG Masih Berpotensi Menguat

Ekonomi ihsg
Ade Hapsari Lestarini • 17 Januari 2020 09:46
Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi bisa menguat. Pagi ini, IHSG sempat bertengger di zona merah kendati melemah tipis.
 
"Kami perkirakan IHSG dapat berpotensi menguat hari ini," tutur tim analis Samuel Sekuritas, dalam hasil risetnya, Jumat, 17 Januari 2020.
 
Perdagangan IHSG pada Kamis, 16 Januari sebelumnya ditutup flat 0,04 persen ke level 6.286. Sedangkan indeks Sharia ditutup menguat 0,2 persen ke level 185,1. Investor asing keseluruhan mencatatkan net sell sebesar Rp731,9 miliar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu bursa AS kembali ditutup positif pada perdagangan Kamis waktu setempat, menyusul adanya penandatangan kesepakatan dagang tahap pertama antara AS dan Tiongkok yang terjadi pada pertengahan pekan ini.
 
"Kepastian tersebut membuat investor dapat fokus pada rilis data ekonomi dan korporasi seiring dengan mulai memasukinya earnings season di AS pada pekan depan," jelasnya.
 
Sementara itu, dirilis data ekonomi AS pada Kamis waktu setempat yaitu Retail Sales MoM periode Desember sesuai dengan ekspektasi pasar, yakni tumbuh 0,3 persen mom.
 
Sedangkan indeks S&P 500 naik 0,84 persen, Dow Jones 0,92 persen, dan Nasdaq 1,06 persen. Sementara 10Y US treasury masih bergerak sideways di level 1,82 persen. Emas (Comex) naik tipis 0,12 persen ke level USD1.552,3 per troy oz dan minyak mentah Brent naik 0,97 persen ke level USD64,62 per barel.
 
"Terdapat rilis data ekonomi global pada akhir pekan ini, yaitu tingkat pertumbuhan GDP Tiongkok YoY periode Desember," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif