Ilustrasi. FOTO: MI/Annisa Ayu Artanti
Ilustrasi. FOTO: MI/Annisa Ayu Artanti

Sentimen Global Diramal Hambat Gerak IHSG

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 16 Januari 2020 08:33
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat terbatas pada perdagangan hari ini. Sentimen global terkait perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang diyakini masih akan berlangsung menjadi penyebab terhambatnya pergerakan indeks.
 
Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi memandang Presiden AS Donald Trump tetap akan memberlakukan sejumlah tarif kepada Tiongkok. Trump juga tengah menyusun aturan yang memungkinkan pemblokiran penjualan Huawei Teknologi di Amerika Serikat sehingga menjadi faktor utama pesimistis pada bursa saham Asia.
 
Untuk hari ini, Lanjar memprediksi laju indeks akan bergerak dan diperdagangkan di level support-resistance 6.256-6.340. Pergerakan indeks diyakini mampu bertahan pada level support MA200, MA20 dan MA5. Indeks akan menguji level psikologis di level 6.300.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami perkirakan IHSG berpeluang menguat terbatas," kata Lanjar, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Kamis, 16 Januari 2020.
 
Lebih lanjut, Lanjar menuturkan, pada perdagangan hari ini investor tidak hanya memerhatikan kondisi terkini terkait perang dagang antara dua negara ekonomi terbesar itu. Menurutnya investor juga akan memerhatikan data Inflasi Inggris dan neraca perdagangan Eropa.
 
"Investor juga akan memberikan perhatikan pada hasil pertemuan dan penandatanganan perjanjian perdagangan Amerika Serikat dan Tiongkok serta hasil pertemuan ECB mengenai prospek kebijakan moneter hingga data pekerja di Amerika Serikat," tutur dia.
 
Dengan prediksi itu, Lanjar merekomendasikan beberapa saham untuk dapat dicermati investor, di antaranya adalah saham PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP), dan PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS).
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif