Menara Telekomunikasi. Foto : IST.
Menara Telekomunikasi. Foto : IST.

Sarana Menara Nusantara Beli Menara XL Rp2,2 Triliun

Ekonomi menara telekomunikasi
Arif Wicaksono • 11 Februari 2020 14:46
Jakarta: PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) melalui anak usahanya, PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo), membeli menara PT Xl Axiata Tbk.
 
Dalam keterbukaan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa, 11 Februari 2020, PT Xl Axiata Tbk menyepakati penjualan sebagian dari 2.782 menara telekomunikasi milik perseroan. XL menjual 1.728 menara kepada Protelindo.
 
Nilai transaksi yang dibayarkan Protelindo untuk menara tersebut sebanyak Rp2,2 triliun. Pembayaran akan dilakukan pada akhir kuartal I-2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aksi ini tak menimbulkan dampak meterial terhadap kegitatan operasional, hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha perseroan sehubungan dengan penandatangaanan dokumen transaksi.
 
Presiden Direktur Protelindo Ferdinandus Aming Santoso menjelaskan bahwa pembelian ini akan memperkuat posisi protelindo sebagai pemilik menara sekaligus operator menara telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan mencapai 21 ribu menara.
 
Selain itu, Protelindo juga menyewakan menaranya kepada XL Axiata. Tak disebutkan jumlah menara yang disewa. Protelindo juga menyewa lahan dari XL untuk kegiatan operasional.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif