MNC Vision. Foto : Perusahaan.
MNC Vision. Foto : Perusahaan.

MNC Vision Akuisisi Saham Link Net

Ekonomi link net
Arif Wicaksono • 02 Desember 2019 16:18
Jakarta: Langkah akuisisi PT MNC Vison Nerworks Tbk (IPTV) kepada PT Link Net Tbk (LINK) semakin jelas. Pada hari ini First Media menandatangani kesepakatan untuk menjual sahamnya yang berada di LINK kepada MNC Vision.
 
Dalam term sheet yang tak bersifat mengikat itu akan dibahas ketentuan yang akan mengatur akuisisi seperti due diligence yang disepakati para pihak, pemenuhan kondisi presyarat, kesepakatan pembiayaan oleh IPTV, serta ketentuan yang akan disepakati kedua belah pihak.
 
"Para pihak akan berupaya mencapai kesepakatan lebih lanjut dalam enam bulan ke depan," ujar Corporate Secretary First Media Harianda Noerlan dikutip dari laporan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Senin, 2 Desember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Utama MNC Vison Nerworks Ade Tjendra menegaskan bahwa perusahaan sedang menjajaki untuk mengakusisi mayoritas saham LINK dari PT First Media Tbk dan Asia Link Dewa.
Dia tak mengatakan berapa nilai dari akuisisi ini. Namun akuisisi ini akan menciptakan berbagai sinergi dalam konten, infrastruktur jaringan, kapasitas bandwidth, dan hal-hal lainnya.
 
"Keberhasilan ini akan tergantung pada proses due diligence, pemenuhan kondisi tertentu, pembiayaan dan penandatanganan perjanjian definitif," jelas dia.
 
Saham LINK dimiliki oleh Asia Link Dewa Pte sebesar 35,72 persen, PT First Media Tbk sebesar 28,04 persen, UBS AG LDN sebesar 6,5 persen dan publik sebesar 29,74 persen. IPTV akan menjadi pemegang saham mayoritas dengan 63 persen kepemilikan saham dengan mangakuisisi saham Asia Link dan First Media.
 
Sampai dengan kuartal III 2019, pendapatan LINK mencapai Rp2,7 triliun dengan capaian laba bersih sebesar Rp772 miliar. Laba bersih itu turun jika dibandingkan dengan laba bersih pada kuartal III 2018 yang mencapai Rp815 miliar.
 
Sedangkan IPTV meraih laba bersih Rp156 miliar pada kuartal III-2019. Kondisi ini membaik dari capaian kuartal 2018 yang merugi sebesar Rp70 miliar. Capaian laba bersih ini dihasilkan dari kinerja pendapatan IPTV yang mencapai Rp2,5 triliun pada kuartal III-2019.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif