Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Asosiasi Soroti Kasus Emco Asset Management

Ekonomi Manajer Investasi
Annisa ayu artanti • 28 Januari 2020 17:43
Jakarta: Asosiasi Manajer Investasi Indonesia (AMII) menyoroti kasus manajer investasi Emco Asset Management yang tidak bisa mencairkan dana nasabahnya. Kinerja tiga reksa dana yang dikelola Emco terkoreksi dalam.
 
Ketua AMII Edward Lubis mengatakan sebagai manajer investasi seharusnya Emco Asset Management memberikan hak dan kewajiban kepada nasabah dalam pencairan dana. Manajer investasi seharusnya menerapkan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG) agar tidak terjadi gagal bayar.
 
"Kewajiban manajer investasi harus menerapkan good corporate governance yang baik dalam mengelola portofolio investasinya. Dan harus menyediakan dana yang cukup kalau investor melakukan pencairan," kata Edward kepada Medcom.id, Selasa, 28 Januari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya kasus ini juga sudah dipantau oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Termasuk, penjabaran alasan perusahaan yang mengatakan kondisi pasar saham Indonesia saat ini sedang mengalami penurunan saham berdampak pada portofolio dari produk reksa dana perusahaan.
 
"Kalau hal itu terkait dengan investasi pada portofolio saham-saham yang sedang bermasalah di bursa yaitu terkena penurunan harga yang besar dan tidak likuid, maka tentunya hal ini sedang dalam pemantauan OJK," ucapnya.
 
Sebelumnya, dana nasabah yang diinvestasikan di empat produk PT Emco Asset Management berpotensi tidak bisa dicairkan.
 
Empat produk yang dimiliki Emco Asset Management tersebut adalah Reksa Dana Emco Mantap, Reksa Dana Emco Growth Fund, Reksa Dana Syariah Emco Saham Barokah Syariah, dan Reksa Dana Emco Pesona (Reksa Dana Saham).
 
Melalui surat edaran perusahaan yang diperoleh Medcom.id, Senin, 27 Januari 2020 manajer investasi itu tersebut juga menyatakan mengalami penurunan Nilai Aktiva Bersih (NAB) pada Reksa Dana Saham. Atas hal tersebut perusahaan meminta maaf kepada nasabah.
 
"Kami membutuhkan pengertian dan dukungan dari Bapak Ibu agar kinerja kami dapat maksimal," kata Direktur Utama Emco Asset Management Eddy Kurniawan.
 
Eddy juga mengatakan, supaya investor tidak melakukan transaksi penarikan dana atau redemption untuk sementara waktu. Khususnya, sampai NAB pada Reksa Dana Saham membaik.
 
"Hal tersebut dapat membantu kami dalam proses pemulihan kinerja portofolio Reksa Dana Saham," ucapnya.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif