Ilustrasi. FOTO: dok MI.
Ilustrasi. FOTO: dok MI.

Dua Sentimen Pengaruhi Gerak IHSG

Ekonomi ihsg
Ade Hapsari Lestarini • 11 November 2019 08:54
Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan dipengaruhi dua sentimen, yakni dari dalam dan luar negeri.
 
"Kami perkirakan IHSG pada Senin ini akan menguat terbatas dikarenakan adanya sentimen positif baik dari luar dan dalam negeri," tutur tim analis Samuel Sekuritas Indonesia, dalam hasil risetnya, Senin, 11 November 2019.
 
Selain itu pasar masih akan diwarnai rencana pemotongan tarif menjelang kesepakatan negosiasi dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok fase pertama.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Juru bicara Kementerian Perdagangan Tiongkok dan pejabat AS mengatakan, AS dan Tiongkok telah sepakat untuk membatalkan beberapa tarif dan lebih dekat dengan perjanjian perdagangan fase pertama.
 
Adapun untuk berita dalam negeri, pada Jumat pekan lalu, Neraca Pembayaran Indonesia atau Current Account Deficit (CAD) pada triwulan III-2019 tercatat sebesar USD7,7 miliar atau sebesar 2,7 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) atau lebih rendah dari kuartal II-2019 yang sebesar USD8,2 miliar atau 2,9 persen dari PDB.
 
Bursa saham AS pada Jumat pekan lalu ditutup positif. Nasdaq naik sebesar 0,48 persen, S&P 500 naik 0,26 persen, dan Dow Jones cenderung flat sebesar 0,023 persen.
 
Sedangkan bursa saham Eropa ditutup melemah. FTSE turun sebesar 0,63 persen, dan Euro Stoxx melemah 0,19 persen.
 
Di sisi lain bursa saham regional Asia, pada pagi hari ini dibuka mixed. Nikkei menguat sebesar 0,21 persen, ASX naik 0,51 persen, dan Kospi turun sebesar 0,33 persen.
 
Sementara pada Jumat pekan lalu, IHSG ditutup dengan penguatan tipis di level 6.178 (0,20 persen).
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif