Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti

Diramal Lanjutkan Penguatan, Saham Konstruksi Jadi Rekomendasi

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 12 September 2019 08:51
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan diprediksi melanjutkan penguatan perdagangan kemarin. Indeks diyakini akan kembali menguji level 6.500. Sejumlah katalis positif diharapkan bisa terus berdatangan guna mendukung gerak IHSG bertahan di zona hijau hingga akhir perdagangan nanti.
 
Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan hari ini indeks akan diperdagangkan di level support 6.350 dan resisten 6.425. Secara teknikal, IHSG akan bergerak positif. Sentimen selanjutnya, tambahnya, investor akan berfokus pada laporan bulanan persediaan dan permintaan.
 
"Serta perkiraan produksi oleh OPEC sebagai indikasi pergerakan harga minyak ke depan," kata Lanjar, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Kamis, 12 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prediksi penguatan juga disampaikan Analis Indosurya Bersinar Sekuritas. Ia mengatakan IHSG berpotensi menguat dengan keluar dari fase konsolidasi. Pergerakan IHSG memanfaatkan koreksi wajar yang kemudian dijadikan peluang oleh investor untuk mengakumulasi pembelian.
 
"Hari ini IHSG berpotensi menguat di level 6.296-6.448," kata William
 
Selain itu, lanjut Wiliam, posisi dan pegerakan IHSG diramalkan pul berada dalam pola uptrend. Arus modal asing (capital inflow) yang masuk juga masih cukup besar ke pasar modal Indonesia. "Capital inflow masih tercatat secara year to date menunjukkan bahwa minat investor asing masih cukup besar," ucap William.
 
Beberapa saham yang bisa diperhatikan investor hari ini adalah saham PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP), PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON), PT Waskita Karya Tbk (WSKT), PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), PT Adhi Karya Tbk (PTPP), dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).
 
Sementara itu, bursa saham Amerika Serikat ditutup lebih tinggi pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB). Penguatan dapat terjadi karena investor mencerna serangkaian data terbaru, dan saham Apple yang kuat berkontribusi terhadap kenaikan pergerakan pasar saham harian.
 
Indeks Dow Jones Industrial Average naik sebanyak 227,61 poin atau 0,85 persen menjadi 27.137,04. Sedangkan S&P 500 naik sebanyak 21,54 poin atau 0,72 persen menjadi 3.000,93. Indeks Komposit Nasdaq menguat 85,52 poin atau 1,06 persen menjadi 8.169,68.
 
Mayoritas dari 30 saham unggulan di Dow Jones memperpanjang kenaikan di sekitar penutupan pasar. Saham Apple naik 3,18 persen, menjadi kinerja terbaik kedua. Adapun investor terus berharap sejumlah saham di Dow Jones bisa terus menguat di masa mendatang.

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif