Perusahaan Asia Sejahtera Mina melantai perdana di BEI. Foto; Medcom.id/Annisa Ayu.
Perusahaan Asia Sejahtera Mina melantai perdana di BEI. Foto; Medcom.id/Annisa Ayu.

IPO, Asia Sejahtera Mina Kena Auto Rejection

Ekonomi emiten ipo
Annisa ayu artanti • 02 Desember 2019 10:22
Jakarta: Saham PT Asia Sejahtera Mina Tbk terkena auto rejection saat resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Saham Asia Sejahtera Mina tercatat naik 70 persen atau 77 poin dari harga penawaran.
 
Pantauan Medcom.id, perusahaan berkode emiten AGAR ini melepas sebanyak 250 juta saham atau sebesar 25 persen dari total modal disetor penuh setelah Penawaran Umum Perdana Saham (initial public offering/IPO).
 
Saat pencatatan perdana, saham AGAR naik 70 persen persen atau 77 poin ke level Rp187. Saham AGAR ditransaksikan satu kali dengan volume sebanyak 50 lot dan menghasilkan nilai transaksi Rp935 ribu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saham emiten produksi rumput laut ini langsung terkena penolakan otomatis (auto rejection) karena kenaikan harga saham melebihi ketentuan persentase tertinggi harian khusus saham IPO sebesar 70 persen.
 
Direktur Utama Asia Sejahtera Mina Indra Widyadharma mengatakan dari aksi korporasi ini perseroan akan memperoleh tambahan modal sekitar Rp27,5 miliar. Dana hasil IPO sebesar 22,8 persen akan digunakan untuk membayar utang. Sementara sisanya sebesar 77,2 persen akan dipakai untuk modal kerja.
 
"Sekitar 20 persen pelunasan bank, 77 persen tambahan modal kerja," ucap Indra di Gedung BEI, Jakarta, Senin, 2 Desember.
 
Dengan penambahan modal kerja tersebut perusahaan menargetkan laba tahun depan akan double digit dan volume produksi rumput laut naik 40 persen dari produksi saat ini 2.000 ton.
 
Adapun dari produksi ini sebagian besar diekspor ke Tiongkok, sementara sisanya diekspor ke Chili dan Spanyol.
 
PT Asia Sejahtera Mina merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan rumput laut yang berupa dried eucheuma cottoni seaweed, dried eucheuma spinosum seaweed, dried graci/aria seaweed yang dapat digunakan di bidang farmasi, kosmetik, dan makanan.
 
Perseroan memiliki beberapa gudang yang berada di Surabaya dan Makassar. Pada 20 November 2019, Perseroan telah meresmikan dan menyelesaikan pembangunan gudang penyimpanan dan pengeringan rumput laut di Sulawesi Selatan dengan luas sekitar dua hektare (ha) dan diharapkan dapat meningkatkan volume produksi maupun ekspor dan perseroan.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif