Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Desi Angriani
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Desi Angriani

IHSG Diprediksi Melemah

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 26 November 2019 08:27
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diprediksi masih tertekan atau melanjutkan pelemahan perdagangan kemarin. Adapun pergerakan indeks yang tertekan tersebut masih dibayangi maraknya kasus gagal bayar oleh institusi yang sedikit mengganggu kepercayaan investor dalam melakukan aksi jual-beli.
 
"Kami perkirakan pergerakan IHSG masih akan bergerak tertekan mencoba bertahan dan kuat pada level support resistance 6.062-6.170," kata Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Selasa, 26 November 2019.
 
Selanjutnya, tambah Lanjar, investor akan terfokus pada data pidato Ketua Fed Jerome Powell serta data penjualan rumah dan tingkat kepercayaan investor di Amerika Serikat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menambahkan meski tekanan global sudah berkurang untuk hari ini, namun secara teknikal IHSG berpeluang bergerak melemah. Nico menyebutkan kondisi politik Hong Kong saat ini memberikan sentimen positif bagi pasar.
 
Pada akhirnya pemungutan suara yang terjadi di Hong Kong kemarin memberikan kemenangan yang luar biasa kepada para kandidat pro demokrasi di dalam pemungutan suara untuk dewan distrik. Kandidat pro demokrasi berhasil memenangkan 85 persen kursi dari 452 kursi pemilihan, dan pro pemerintah hanya mendapatkan jatah 15 persen.
 
"Setidaknya situasi dan kondisi saat ini mampu memberikan sentiment positif terhadap pasar, fokus utamanya adalah bagaimana menjaga situasi ini menjadi lebih lama untuk mengurangi sentimen negatif yang terjadi di pasar," jelas Nico.
 
Namun, sentimen negatif masih terus membayangi, seperti pemangkasan prospek petumbuhan ekonomi oleh IMF kepada Jepang. Hal ini semakin menunjukkan kondisi perlambatan global sehingga berimbas terhadap pasar keuangan secara keseluruhan.
 
"Kami melihat saat ini IHSG memiliki peluang bergerak melemah dan diperdagangkan pada level 6.023-6.129," tukas Nico.
 
Beberapa saham yang bisa diperhatikan investor hari ini adalah PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON), PT Waskita Karya Tbk (WSKT), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP), dan PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI).

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif