Ilustrasi. FOTO: dok MI.
Ilustrasi. FOTO: dok MI.

IHSG Diprediksi Melemah di Awal Pekan

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 13 Januari 2020 07:15
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih akan melemah, meskipun pada penutupan perdagangan pekan lalu menunjukkan penguatan.
 
Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan konflik antara Amerika Serikat (AS) dan Iran masih menjadi perhatian investor pada perdagangan hari ini. Sehingga diramalkan indeks masih akan bergerak di zona merah.
 
"IHSG diprediksi melanjutkan pelemahan, perhatian investor masih akan tertuju kelanjutan dari perang antara Amerika Serikat dan Iran," kata Dennies dalam riset hariannya, Senin, 13 Januari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun demikian, secara teknikal pelemahan hari ini masih mengindikasikan jangka pendek. Ia menyebutkan indeks akan diperdagangkan di level support 6.258-6.266 dan resistance 6.289-6.305.
 
"Secara teknikal indikator stochastic mulai melebar setelah membentuk deadcross mengindikasikan masih ada potensi pelemahan jangka pendek," ucap dia.
 
Di sisi lain, Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menaksir potensi penguatan IHSG masih akan berlanjut.
 
Sebab, pergerakan IHSG terlihat masih terkonsolidasi dalam rentang yang wajar. Ia meprediksi IHSG akan bergerak dil level support-resistance 6.198-6.402.
 
"Namun peluang kenaikan masih terlihat dalam pola gerak IHSG yang ditunjang oleh kuatnya fundamental perekonomian yang terlihat dari data terlansir, sedangkan capital inflow yang masih tercatat secara year to date juga turut menunjang pola kenaikan IHSG," jelas William.
 
William pun merekomendasikan investor untuk memperhatikan beberapa saham seperti PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), PT Nippon Indosari Corporindo Tbk (ROTI), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), dan PT Pakuwon Jati Tbk (PWON).
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif