Ilustrasi perdagangan di bursa saham. FOTO: dok MI.
Ilustrasi perdagangan di bursa saham. FOTO: dok MI.

IHSG Siap Menguat, Cek 4 Menu Saham di Awal Pekan

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 23 September 2019 07:43
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diprediksi akan menguat. Namun penguatan akan terbatas karena kembali dibayangi oleh tensi perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok.
 
Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menyampaikan indeks berpotensi bergerak negatif jika bergerak di bawah 6.200. Sedangkan, indeks akan bergerak positif apabila rebound dan bergerak menuju rata-rata harga saham 200 hari (MA200) yang berada dikisaran 6.320.
 
"Kami perkirakan IHSG akan mencoba menguat terbatas diawal pekan dengan support resistance 6.210-6.320," kata Lanjar dalam riset hariannya, Senin, 23 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lanjar juga menjelaskan pekan ini investor akan terfokus kembali pada tensi perdagangan Amerika Serikat dan Tiongkok, serta data indeks kinerja manufaktur di Eropa dan Amerika Serikat.
 
Adapun data indeks kinerja manufaktur di Eropa maupun Amerika Serikat mendapat sedikit tekanan pada konsensusnya.
 
Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menambahkan di awal pekan ini banyak sentimen yang menjadi pertimbangan pergerakan pasar, di antaranya perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok.
 
Hubungan perang dagang dua negara tersebut kembali memanas. Delegasi Tiongkok telah membatalkan kunjungannnya ke Amerika Serikat. Pembatalan ini dilakukan satu jam sebelum Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan tidak tertaik membuat kesepakatan parsial dengan Tiongkok.
 
"Secara teknikal, kami melihat saat ini IHSG memiliki peluang bergerak mixed hingga menguat dan diperdagangkan pada level 6.220-6.300," tukas Nico.
 
Beberapa saham yang bisa diperhatikan investor hari ini adalah PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), dan PT Vale Indonesia Tbk (INCO).
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif