Ilustrasi. Foto : BUMN.
Ilustrasi. Foto : BUMN.

Pergantian Kursi Petinggi BUMN Diharapkan Jadi Sentimen Positif Pasar

Ekonomi Pergantian Direksi BUMN
Annisa ayu artanti • 19 November 2019 21:02
Jakarta: Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus berharap gebrakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam mengutak-atik kursi petinggi perusahaan BUMN menjadi sentimen positif bagi pasar.
 
Menurut Nico, sejauh ini keputusan Erick untuk merombak petinggi perusahaan pelat merah dan mengisinya dengan orang-rang baru dianggap baik oleh pasar karena bertujuan meningkatkan kinerja perusahaan. Khususnya emiten pelat merah.
 
"Jadi sebetulnya utak-atik ini bukan untuk membuat kinerja BUMN menjadi jelek, melainkan untuk membuat kinerja BUMN menjadi lebih baik. Tentu ini akan menjadi salah satu sentimen positif," kata Nico kepada Medcom.id, Selasa, 19 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun Nico mengingatkan agar Erick menempatkan orang atau tokoh-tokoh yang sesuai dengan kapabilitasnya. Artinya, tidak asal main tunjuk orang dan bukan karena jabatan politis.
 
"Tapi balik lagi, antara kapasitas dengan orang pilihannya harus sesuai, akan jadi sia-sia kalau ternyata hanya jabatan politis semata," ujar dia.
 
Sementara mengenai penugasan mantan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Chandra Hamzah untuk menjadi petinggi di BUMN sektor perbankan, Nico berharap penugasan orang tersebut bukan atas dasar politik.
 
"Semoga saja pilihan tersebut bukanlah pilihan politis semata. Namun juga diiringi dengan pertimbangan yang matang serta terukur untuk memimpin lembaga tersebut," tukas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif