Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti

IHSG Berpotensi Menguat Usai Pelantikan Presiden

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 21 Oktober 2019 08:16
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat usai pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Adapun peluang IHSG menghijau masih terbuka lebar dengan IHSG diramal diperdagangkan di level support-resistance 6.056-6.241.
 
"Pergerakan IHSG terlihat masih akan bergerak pada zona hijau," kata Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.
 
Namun momentum koreksi wajar masih dapat terjadi. Pada saat koreksi tersebut, William menyarankan kepada investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka menengah hingga panjang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus meyakini indeks akan menguat. Penguatan indeks, lanjutnya, dikarenakan Jokowi Effect. Menurut Nico kemungkinan indeks akan terkerek dan bergerak di zona hijau karena pidato Presiden kemarin.
 
"Yang menarik bagi kami adalah bahwa Jokowi menekankan bukan lagi berfokus kepada proses, melainkan kepada hasil. Tentu hal ini merupakan momen yang sangat luar biasa buat kami," ucap Nico.
 
Adapun lima visi yang dibacakan saat pelantikan kemarin adalah pemerintah fokus untuk melakukan pembangunan sumber daya manusia. Kedua, pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur untuk mengakselerasi nilai tambah perekonomian.
 
Ketiga, penyederhanaan regulasi. Pada kabinet berikutnya ini Jokowi akan mempercepat pembentukan dua undang0undang yaitu mengenai lapangan pekerjaan dan pembangunan UMKM. Keempat, pemerintah berencana kembali melakukan penyederhaan birokrasi. Kelima, pemerintah akan melakukan transformasi ekonomi.
 
"Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat saat ini IHSG memiliki peluang bergerak menguat dan diperdagangkan pada level 6.169-6.213," tukas dia.
 
Beberapa saham emiten yang bisa diperhatikan investor hari ini adalah saham PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), dan PT XL Axiata Tbk (EXCL).
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif