Ilustrasi. FOTO: dok MI.
Ilustrasi. FOTO: dok MI.

IHSG Bakal Bergerak Flat

Ekonomi ihsg
Ade Hapsari Lestarini • 11 Desember 2019 11:11
Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang hari ini dipredikasi bergerak flat karena minimnya sentimen positif.
 
"Kami memperkirakan IHSG pada hari ini akan bergerak flat, dengan minimnya sentimen positif dan para investor menanti kebijakan The Fed serta kejelasan tentang perang dagang AS-Tiongkok," tutur tim analis Samuel Sekuritas dalam hasil risetnya, Rabu, 11 Desember 2019.
 
Adapun pada perdagangan Rabu pagi indeks Nikkei Jepang dibuka -0,15 persen dan gerak indeks Kospi Korea Selatan flat. Sedangkan EIDO ditutup naik +0,32 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu bursa saham Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Selasa malam ditutup turun tipis. Indeks Dow turun -0,10 persen, S&P 500 turun -0,11 persen, dan Nasdaq melemah -0,07 persen.
 
"Para pelaku pasar masih mencermati keputusan tentang kesepakatan dagang AS-Tiongkok pada akhir minggu ini. Jika tidak ada kesepakatan dagang, maka akan ada tarif baru dari AS kepada Tiongkok berupa pengenaan tarif 15 persen terhadap produk Tiongkok senilai USD156 miliar yang akan berlaku efektif per 15 Desember," jelasnya.
 
Sebelumnya, Partai Komunis Tiongkok memerintahkan setiap kantor pemerintahan mengganti perangkat teknologi buatan negara lain dengan alasan untuk mengurangi ketergantungan dengan produk teknologi asal negara lain terutama dari AS seperti Microsoft.
 
Hal ini membuat tensi perang dagang semakin tinggi dan membuat para pelaku pasar cenderung pesimistis akan terjadi kesepakatan dagang.
 
Para pelaku pasar juga sedang mencermati rapat FOMC The Fed yang akan berlangsung pada 11-12 Desember 2019 ini yang akan memutuskan kebijakan suku bunga AS. Secara konsensus, diperkirakan Fed akan mempertahankan suku bunganya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif