NEWSTICKER
Suasana saat Batavia Prosperindo Aset Manajemen dan PT Mandiri Sekuritas menerbitkan dua produk reksa dana (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)
Suasana saat Batavia Prosperindo Aset Manajemen dan PT Mandiri Sekuritas menerbitkan dua produk reksa dana (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)

Batavia Gandeng Mandiri Sekuritas Terbitkan ETF

Ekonomi reksa dana mandiri sekuritas
Annisa ayu artanti • 27 Maret 2019 10:39
Jakarta: PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen (BPAM) menggandeng PT Mandiri Sekuritas menerbitkan dua produk reksa dana yang dapat diperdagangkan di bursa atau di Exchange Traded Fund (ETF) yaitu Batavia IDX30 ETF (XBID) dan Batavia SRl-KEHATI ETF (XBSK).
 
Direktur Utama BPAM Lilis Setiadi mengatakan kedua ETF itu telah memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam kerja sama ini BPAM bertindak sebagai manajer investasi, sementara Mandiri Sekuritas berperan sebagai dealer partisipan.
 
Untuk produk XBSK, lanjutnya, BPAM menjalin kerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) dalam rangka penggunaan nama dan konstituen saham dalam indeks SRl-KEHATI. Penerbitan ETF ini merupakan salah satu bentuk komitmen BPAM kepada para investor untuk menyediakan produk yang semakin lengkap dan kompetitif.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal itu sesuai dengan tren perkembangan industri pengelolaan investasi global maupun nasional," kata Lilis, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu, 27 Maret 2019.
 
Lilis menjelaskan produk XBID akan diinvestasikan pada saham-saham yang ada dalam daftar indeks IDX30, dengan tujuan untuk menghasilkan kinerja portofolio yang menyerupai kinerja indeks tersebut. Konstituen saham IDX30 dipilih oleh BEI terdiri dari 30 saham yang paling Iikuid diperdagangkan.
 
Adapun kapitalisasi pasar IDX30 mencapai 59,1 persen dari kapitalisasi pasar di BEI, dan kinerjanya selama lima tahun terakhir lebih unggul 4,31 persen dibandingkan dengan IHSG. Sementara itu, XBSK akan diinvestasikan pada saham-saham dalam daftar indeks SRIKEHATI, dengan tujuan menghasilkan kinerja yang menyerupai indeks tersebut.
 
Indeks SRl-KEHATI beranggotakan 25 saham yang ditetapkan oleh Yayasan KEHATI dengan pertimbangan utama emiten harus memiliki bisnis yang ramah Iingkungan, tanggung jawab sosial yang tinggi, dan tata kelola korporasi yang baik. Kinerja SRI-KEHATI selama lima tahun terakhir tercatat menghasilkan 59,31 persen, sementara IHSG menghasilkan angka 44,93 persen.
 
Di tempat yang sama, Direktur Utama Mandiri Sekuritas Silvano Rumantir menambahkan, penerbitan produk XBID dan XBSK ini merupakan upaya bersama untuk menghadirkan ragam produk investasi yang inovatif, berkualitas, dan kompetitif kepada para investor.
 
"Sebagai broker lokal teraktif di pasar modal Indonesia, kami optimistis dapat memberikan nilai tambah kepada para investor melalui layanan pasar modal terlengkap kepada seluruh nasabah," ujar dia, seraya menambahkan tingginya minat investor terhadap pilihan produk investasi mendorong Mandiri Sekuritas menawarkan secara perdana ETF XBID dan XBSK.
 
Sebagai informasi, ETF adalah reksa dana berbentuk kontrak investasi kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di bursa efek. Produk ETF ini menawarkan empat manfaat bagi para investor, yakni mudah dan fleksibel, rendah biaya dan risiko, cakupan luas, serta transparan.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif