Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra. Foto : Instagram.
Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra. Foto : Instagram.

Jejak Karier Irfan Setiaputra Sebelum Jadi Dirut Garuda

Ekonomi bumn Garuda Indonesia
Suci Sedya Utami • 22 Januari 2020 14:37
Jakarta: PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk kini telah memiliki nakhoda baru yaitu Irfan Setiaputra. Irfan terpilih sebagai Direktur Utama Garuda dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada hari ini, Rabu, 22 Januari 2020.
 
Irfan merupakan kelahiran Jakarta, 24 Oktober 1964. Ia lulusan S-1 Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB). Sejak lulus dari kampus tersebut, jejak karir Irfan pun telah tercatat diberbagai perusahaaan beberapa di antaranya IBM, LinkNet, dan Cisco.
 
Jabatan yang didudukinya pun tak main-main. Infra pernah menempati kursi bos di perusahaan-perusahaan tersebut. Pada tahun 2000, Irfan pernah meraih penghargaan IBM STAR of the STARS Award, IBM Professional Achievement Award, dan Best CEO versi majalah SWA.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya perusahaan swasta, Irfan juga pernah berkarier di BUMN sebagai dirut di PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau INTI pada Maret 2009 setelah dipilih oleh Menteri BUMN saat itu yang dijabat oleh Sofyan Djalil.
 
Namun Irfan mengundurkan diri dari posisi Dirut INTI pada Juli 2012 karena merasa gajinya terlalu kecil dibanding jabatan sebelumnya. Kala itu Dahlan Iskan sebagai Menteri BUMN yang menerima surat pengunduran diri Irfan.
 
Dalam perjalanan karir berikutnya, Irfan kembali ke perusahaan swasta dan pernah memimpin PT Titan Mining Indonesia sepanjang Agustus 2012-Juni 2014. Kemudian, ia sempat menjadi CEO PT Cipta Kridatama pada Juli 2014 hingga Mei 2017. Berikutnya, Irfan didapuk sebagai COO ABM Investama Tbk PT (ABMM) pada Mei 2015 hingga Mei 2016.
 
Tidak berhenti di situ, Irfan lalu menjadi President Director & CEO Reswara Minergi Hartama pada Mei 2017 hingga Des 2017. Taranyar, Irfan menjadi CEO Sigfox Indonesia. Perusahaan itu bergerak di bidang pengelola jaringan Internet of Things (IoT) terbesar di dunia sejak Februari 2019 lalu.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif