Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.
Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.

Dua Faktor Pendongkrak Iklim Investasi

Ekonomi bei investasi asing
Annisa ayu artanti • 10 Desember 2019 11:52
Jakarta: Kondisi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang tidak kunjung selesai, serta posisi kebijakan bank sentral disebut akan memengaruhi kepercayaan dan iklim investasi di masa datang.
 
Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi mengatakan perang dagang membuat ketidakpastian global semakin meningkat. Inarno mengatakan dampak perang dagang sudah terasa pada kondisi perekonomian dunia, tak terkecuali Indonesia.
 
"Tidak dipungkiri dampak perang dagang yang sedang berjalan dua tahun terakhir mulai berdampak negatif bagi perekonomian dunia, terutama di sektor indusri manufaktur berbagai negara," kata Inarno di Gedung BEI, Jakarta, Selasa, 10 Desember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, tambah Inarno, arah kebijakan suku bunga di berbagai bank sentral juga berpengaruh pada iklim investasi. Bank sentral berbagai negara itu akan menyesuaikan suku bunganya sesuai dengan kondisi terkini dan suku bunga The Fed.
 
"Keseluruhan kondisi ini akan memberikan pengaruh besar terhadap pembentukan ekonomi di tingkat global dan Indonesia. Di samping itu kondisi ini juga akan berdampak pada kepercayaan dan iklim investasi dari seluruh pelaku indusri dalam negeri," ucap Inarno.
 
Komisaris PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) Chatib Basri menambahkan keputusan suku bunga The Fed akan menjadi jangkar bagi stabilitas pasar keuangan global. Stabilitas pasar keuangan yang terjaga akan menggairahkan investasi.
 
"Kalau (The Fed) dovish akan ada aliran advance country ke negara emerging market. Tapi kalau Fed hawkish,maka aliran itu tidak akan terjadi. Fed akan jadi anchor bagi pasar keuangan," pungkas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif