Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Pelaku Pasar Nantikan Kebijakan Menteri Kabinet Indonesia Maju

Ekonomi ihsg kabinet jokowi-jk ekonomi indonesia
Annisa ayu artanti • 25 Oktober 2019 11:39
Jakarta: Kepala Riset Bahana Sekuritas Lucky Ariesandi menilai saat ini pelaku pasar tengah menunggu kebijakan-kebijakan baru yang dikeluarkan oleh para menteri di Kabinet Indonesia Maju. Ada harapan dari para pelaku pasar modal agar kebijakan yang dikeluarkan tidak bertentangan dengan kebijakan sebelumnya.
 
"Sebenarnya pasar tidak sekadar melihat sosok yang dipilih, namun lebih menantikan kebijakan yang akan diambil dalam waktu dekat," kata Lucky Ariesandi, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Lucky mengatakan kebijakan tersebut diharapkan memiliki kesinambungan dengan kebijakan pendahulu sehingga berdampak positif pada pasar. Mengenai porsi mayoritas menteri yang saat ini dipegang oleh profesional, Lucky menganggap akan semakin memudahkan gerak pemerintah dalam mengambil keputusan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara sisanya sekitar 45 persen yang dipimpin oleh partai politik akan berdampak positif bagi pengambilan keputusan yang menyangkut perundang-undangan. "Dengan posisi kabinet yang lebih seimbang antara profesional dan parpol, upaya pemerintah untuk mendorong masuknya investasi harusnya lebih sukses," ungkap Lucky.
 
Kendati demikian, ia berharap, para pembantu Presiden tersebut bias dapat fokus dalam menjalankan kerjanya lima tahun ke depan. Terutama dalam membuat kebijakan yang langsung berkaitan dengan investasi seperti Rancangan Undang-Undang (RUU) prioritas menyangkut perpajakan, minerba, dan ketenagakerjaan.
 
"Kami melihat minat investor asing untuk masuk ke portofolio saham dan surat berharga negara masih cukup tinggi, dengan imbal hasil yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan dengan negara lainnya, sehingga masih ada ruang bagi rupiah dan indeks saham untuk menguat," pungkas Lucky.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif