Ilustrasi. Foto: Antara/Reno Esmir
Ilustrasi. Foto: Antara/Reno Esmir

Alasan Bangkok Bank Akuisisi Bank Permata

Ekonomi bank permata astra international
Eko Nordiansyah • 12 Desember 2019 19:16
Jakarta: Bangkok Bank Public Company Limited (Bangkok Bank) resmi mengakuisisi 89,12 persen saham PT Bank Permata Tbk. Salah satu alasan akuisisi oleh Bangkok Bank adalah perluasan ekspansi internasional yang selama ini telah menjadi strategi utama.
 
Presiden Bangkok Bank Chartsiri Sophonpanich mengatakan Indonesia adalah fokus utama Bangkok Bank. Apalagi Indonesia adalah salah satu ekonomi utama yang tumbuh paling cepat di Asia dengan fundamental makroekonomi yang sangat mendukung, demografi yang menguntungkan, dan dengan peningkatan integrasi regional ASEAN.
 
"Berdasarkan pengalaman langsung kami di Indonesia dan pemahaman mendalam tentang sektor perbankan, kami meyakini bahwa sektor perbankan Indonesia siap untuk terus tumbuh dan tetap mempertahankan margin yang sehat," kata dia dalam konferensi pers di Hotel Kempinski, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 12 Desember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, Permata menawarkan platform kokoh yang melengkapi tujuan strategis Bangkok Bank, termasuk jaringan distribusi yang luas, merek ritel yang kuat, serta kecanggihan kemampuan digital. Dirinya berharap kolaborasi ini membawa dampak positif bagi kedua belah pihak.
 
"Kami sangat menanti kesempatan untuk dapat bekerja sama dan mendukung manajemen dan karyawan Permata agar dapat terus mengalami peningkatan ke tingkat berikutnya," jelas dia.
 
Adapun saham yang diambil alih oleh Bangkok Bank sebelumnya dipegang oleh Standard Chartered Bank dan PT Astra International Tbk. Bangkok Bank berharap transaksi akan selesai pada 2020.

Berdasarkan nilai buku Permata pada 30 September 2019, harga pembelian indikatif Rp1.498 per saham dan nilai transaksi indikatif yakni sebesar Rp37,43 triliun untuk 89,12 persen saham dan Rp42 triliun untuk kepemilikan 100 persen saham.

 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif