Ilustrasi BEI. Foto: dok MI.
Ilustrasi BEI. Foto: dok MI.

Virus Korona "Serang" Laju IHSG

Ekonomi ihsg virus korona
Annisa ayu artanti • 27 Januari 2020 13:13
Jakarta: Bahana Sekuritas memperkirakan laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih akan bergerak terbatas selama sepekan ke depan.
 
Isu geopolitikal, khususnya penyebaran virus korona yang sudah menyebar ke 13 negara hingga menjadi pemicu pergerakan indeks bergerak terbatas itu.
 
Analis Bahana Sekuritas Muhammad Wafi mengatakan hingga kini sejumlah investor masih mengamati penyebaran virus ini di Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data terakhir, beberapa negara Asia yang telah terjangkit virus tersebut di antaranya Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.
 
Demi mencegah penyebaran virus ini, sejumah bandara Tanah Air semakin selektif dalam melakukan pemeriksaan kesehatan terutama suhu tubuh bagi wisatawan atau penduduk Indonesia yang baru datang dari Tiongkok.
 
"Indeks akan bergerak pada kisaran 6.150-6.300 dalam pekan ini," kata Wafi dalam keterangan tertulisnya, Senin, 27 Januari 2020.
 
Selain penyebaran virus korona, Wafi juga menjelaskan investor juga tengah mengamati laporan kuartal IV-2019 tahunan yang dirilis emiten.
 
"Sejumlah emiten masih akan melaporkan kinerja keuangan pada kuartal empat dan keseluruhan 2019, hal ini membuat investor wait and see untuk masuk, selain kekhawatiran akan penyebaran virus korona," ujar Wafi.
 
Adapun dari kondisi tersebut, menurut Wafi, saham-saham yang layak untuk diperhatikan di antaranya saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), dan PT Astra International Tbk (ASII).
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif