Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Istimewa.
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Istimewa.

Wamendag Pastikan Harga Bahan Pokok di Pasar Tradisional Mulai Stabil

Juven Martua Sitompul • 23 Juni 2022 15:05
Jakarta: Pemerintah turun langsung menangani sejumlah harga bahan pokok yang meroket beberapa hari terakhir. Seluruh elemen masyarakat bahkan diajak ikut mengendalikan dan mengawasi laju dan suplai perdagangan agar harga kembali stabil.
 
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga berterima kasih kepada seluruh pihak dan elemen masyarakat baik yang terlibat secara langsung maupun tidak dalam membantu pemerintah menjaga stabilitas harga pangan di pasar. Dia menyebut kinerja perdagangan sejauh ini semakin membaik, termasuk harga-harga bahan pokok di pasar tradisional sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
"Tadi saya melakukan peninjauan harga secara langsung di Pasar Bulu Semarang dan beberapa bahan pokok dan minyak goreng sudah stabil harganya, malah kita temukan harga lebih murah dari yang ditentukan pemerintah," kata Jerry melalui keterangan tertulis, Kamis, 23 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Ketua Umum HIPAKAD, Hariara Tambunan, mengaku siap menjaga dan membantu sinergitas dengan pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi. Ini ditekankannya dalam dialog kebangsaan bertajuk 'Peran dan Fungsi Ormas HIPAKAD dalam Penguatan Ketahanan Ekonomi Bangsa" beberapa waktu lalu.
 
Selain membahas isu-isu ekonomi, Hariara berharap kegiatan ini bisa menepis berita-berita hoaks yang terjadi di tengah masyarakat. Terutama menjelang Pemilu 2024.
 
"Selain mengadakan dialog-dialog seperti ini, kami juga men-support beberapa UMKM untuk meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat," kata dia.
 
Baca: Sidak Pasar Kosambi Bandung, Mendag Pastikan Harga Migor Stabil dan Aman

Dia bersyukur Jerry menyampaikan hasil data dari BPS kepada audien yang hadir dalam diskusi ini terkait kondisi ekonomi Indonesia yang sebenarnya. Apalagi, isu-isu tentang resesi yang menimpa beberapa negara lain ternyata tidak terjadi di Indonesia.
 
"Karena pemerintah kita saat ini telah melakukan usaha-usaha yang sangat baik untuk mengendalikan harga-harga produk," ucap dia.
 
Diskusi kali ini tak hanya dihadiri Jerry. Sekda Provinsi Jateng serta Dandim dan Kapolres se-Jawa Tengah ikut dalam diskusi tersebut.
 
(JMS)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif