Ilustrasi pasokan batu bara/MI/Syahrul Karim.
Ilustrasi pasokan batu bara/MI/Syahrul Karim.

Penguatan Ketahanan Energi Nasional Didukung

Ekonomi BUMN batu bara PLN Energi Listrik Ketahanan Energi
M Sholahadhin Azhar • 22 April 2022 22:37
Jakarta: Pengusaha mendukung upaya pemerintah memperkuat ketahanan energi nasional. Indonesian National Shipowners' Association (INSA) siap mengerahkan armada pelayaran mengangkut pasokan batu bara ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PT PLN.
 
“INSA telah buktikan komitmennya saat terjadi kekurangan pasokan batu bara di 17 PLTU yang dikelola PLN. Kami mengerahkan armada untuk mengangkut batu bara yang dibutuhkan,” kata Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto melalui keterangan tertulis, Jumat, 22 April 2022.
 
Hal tersebut dilakukan pihaknya saat krisis batu bara pada Desember 2021-Januari 2022. Sebanyak 130 vessel shipment dan 711 tongkang shipment dikerahkan mengangkut batu bara ke PLTU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Ini Strategi PLN Kembangkan Pembangkit Hidro
 
Bahkan, armada yang biasa dipakai mengangkut pupuk, pasir, dan semen milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sementara beralih fungsi. Fasilitas tersebut dipakai membawa pasokan batu bara ke PLTU yang dikelola PLN.
 
“Armada yang biasa mengangkut produk-produk ekspor juga dikerahkan mengangkut batu bara. Ini dilakukan agar tidak terjadi krisis energi dan pemadaman listrik,” jelas Carmelita.
 
PLN mengapresiasi komitmen INSA, asosiasi tersebut dianggap berperan aktif mendukung kebutuhan PLN untuk menjaga pasokan listrik nasional. Apresiasi berbentuk penghargaan diberikan Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo disaksikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Hotel Sultan Jakarta.
 
PLN sebagai mitra perusahaan pelayaran nasional  mengapresiasi dedikasi  INSA  dalam menyediakan  kebutuhan kapal pengangkut batu bara disaat terjadi kekurangan stok batu bara di 17 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang dikelola PT PLN (Persero).
 
“Terima kasih PLN atas penghargaan yang diberikan kepada INSA. Ini semua menjadi bukti nyata pentingnya penerapan asas cabotage. Armada  nasional dengan sigap merespons  kebutuhan angkutan dalam negeri,” kata Carmelita.
 
Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo menyebut INSA membuktikan loyalitas dan nasionalisme. Terutama, dalam menjaga kesinambungan pasokan batu bara dan ketahanan energi nasional. 
 
“Berkat dukungan INSA, batu bara dapat diangkut dan bisa memenuhi kebutuhan PLTU. Pemadaman listrik  bisa dicegah. Kami sangat berterima kasih pada INSA," kata Darmawan.
 
(ADN)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif