Siapa pun bisa membuka usaha dan memasarkannya secara aktif melalui dunia digital. Untuk menyiasati hal tersebut, para calon pebisnis perlu mengetahui terlebih dahulu kira-kira model bisnis apa yang paling menjanjikan. Setelah itu, barulah lakukan sejumlah persiapan agar bisnis yang dijalankan bisa berkembang dan memberikan keuntungan.
Mengutip laman bca.co.id, Sabtu, 24 September 2022, berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai bisnis online:
1. Modal
Salah satu hal utama dan pertama yang perlu dipersiapkan sebelum membuat bisnis online adalah modal. Modal dibutuhkan untuk membeli dan mengurus semua keperluan bisnis, mulai dari tempat, peralatan, bahan baku, hingga biaya pemasaran dari usaha tersebut. Oleh karena itu, perlu ada perencanaan yang bisa menentukan kira-kira berapa modal yang diperlukan untuk bisnis yang akan dijalankan.
Baca juga: Tips Kenali Akun Jualan Penipu di Media Sosial |
2. Mental
Tidak hanya modal, kesiapan mental pebisnis pun perlu dipersiapkan. Merintis sebuah usaha pasti ada risiko dan konsekuensinya. Ditambah lagi, bisnis tersebut belum tentu berjalan sesuai yang diharapkan dan direncanakan. Berbagai risiko bisa terjadi selama perjalanannya. Selain menyiapkan mental, para pebisnis juga sebaiknya menyiapkan rencana cadangan jika rencana utama tidak berjalan sesuai yang diharapkan.
3. Cari tahu kebutuhan pasar
Ini juga hal penting yang perlu dilakukan. Seorang calon pebisnis perlu mencari tahu atau melakukan riset pasar untuk menentukan apa yang sedang ramai di pasaran.
Dengan begitu, pebisnis dapat menjual sesuatu yang memang dibutuhkan dan dicari oleh khalayak ramai. Pebisnis pun tetap perlu memiliki karakteristik tersendiri untuk produknya.
4. Pemilihan supplier
Setelah menentukan barang atau jasa apa yang akan dijual, para pebisnis juga harus mencari supplier yang sesuai dengan budget dan modal yang mereka miliki. Ada baiknya untuk mencari supplier dari rekomendasi orang yang dikenal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.
5. Tentukan nama toko
Pemilihan nama bisa dikaitkan dengan apa yang akan dijual. Pastikan untuk mencari nama yang mudah diingat dan menarik perhatian. Memberi nama toko yang menarik akan memudahkan untuk diingat.
6. Strategi pemasaran
Meskipun akan membuka toko online, tetap perlu mempersiapkan strategi pemasaran yang tepat. Beruntungnya, saat ini sudah banyak sekali pilihan iklan yang bisa dilakukan secara online.
Tidak hanya itu, berbagai promo menarik seperti gratis ongkir, diskon setiap pembelian, atau pemberian cashback juga bisa dilakukan untuk menarik pelanggan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News